Sosial Ekobis

Ratusan Pasutri akan Jalani Isbat Nikah

14885723_1188584827873572_902922333_n

MAJENE – Ratusan pasangan suami istri (pasutri) di Kabupaten Majene akan menjalani isbat nikah Selasa 15 November 2016 mendatang. Pasutri tersebut telah menikah secara sah oleh agama namun belum punya buku nikah. Oleh karena itu, Setelah menjalani isbat nikah, pasutri tersebut akan diberi bukuh nikah secara cuma-cuma atau gratis.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil), Abdul Kadir mengatakan, pelaksanaan isbat tersebut merupakan inisiatif Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majene melalui Disdukcapil. Pihaknya bekerja sama dengan Pengadilan Agama, Kementerian Agama dan pemerintah desa di Majene.

“Inisiatif Pemkab dalam rangka membantu masyarakat pasutri miskin yang menikah secara sah oleh agama tapi tidak punya buku nikah. Jadi kami bangun kerja sama. Pada tahun pertama, kita menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), tahun kedua APBD yang disharing dengan Anggaran Dana Desa (ADD) dan tahun ini juga menggunakan APBD dan ADD,” kata Abdul Kadir, Selasa 1 November 2016.

Abdul Kadir mengungkapkan, masih terdapat ribuan warga Majene yang belum memiliki buku nikah. Olehnya itu, pihak Pemkab melakukan isbat nikah secara bertahap setiap tahun. Agar pasutri tidak terkendala dalam pengurusan di Catatan Sipil. Seperti kepengurusan akta kelahiran anak yang memiliki syarat harus melampirkan buku nikah kedua orang tua.

Pelaksanaan isbat nikah bagi warga Kecamatan Banggae dan Banggae Timur akan dimulai pada Rabu 15 Nopember 2016 mendatang di Ruang Pola Kantor Bupati Majene. Selanjutnya, akan digelar di Kecamatan Pamboang yang digabung dengan Sendana. Kemudian di Kecamatan Tammero’do, Tubo, Malunda dan Ulumanda yang berselang selama satu hari tiap kecamatan.

Berikut daftar lengkap peserta isbat nikah setiap kecamatan :

  1. Kecamatan Banggae : 32 pasutri
  2. Kecamatan Banggae Timur : 23 pasutri
  3. Kecamatan Pamboang : 36 pasutri
  4. Kecamatan Sendana : 50 pasutri
  5. Kecamatan Malunda : 119 pasutri
  6. Kecamatan Ulumanda : 97 pasutri
  7. Kecamatan Tammero’do Sendana : 140 pasutri
  8. Kecamatan Tubo Sendana : 25 pasutri

Jumlah total peserta isbat nikah di Kabupaten Majene tahun 2016 sebanyak 522 pasutri. (Irwan)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close
error: Content is protected !!