News

Kapal Perintis Beroperasi di Pelabuhan Majene, Tarif ke Kalimantan Hanya Rp 22 Ribu

Majene, mandarnews.com – Pelabuhan Passarang, Kelurahan Totoli, Kecamatan Banggae, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) mulai difungsikan. Kapal Motor (KM) Perintis, Sabuk Nusantara 55 mulai beroperasi yang melayani rute Majene – Kota Baru, Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan sangat tarif murah, Senin 20 Februari 2017.

Kapal perintis yang mampu memuat 284 penumpang dan barang hingga 400 ton merupakan salah satu program tol laut Presiden Jokowi. Dikenakan tarif murah Rp 22 ribu setiap penumpang untuk rute Majene – Kota Baru. Tarif tersebut sudah termasuk asuransi penumpang.

“Ini sandar perdana karena permintaan pemerintah setempat ke Pelni (Pelayaran Nasional Indonesia) pusat yang ditindak lanjuti Pelni Pare-pare (Sulawesi Selatan). Tarifnya murah karena (tarif) perintis itu tersendiri. Disubsidi pemerintah,” kata Kepala Operasi Pelni Cabang Pare-pare, HerI.

Kapal tersebut melayani rute Majene – Kota Baru – Batu Licin – Marabatuan – Maradapan – Matasiri . Begitu pun sebaliknya. Rencananya, kapal tersebut akan sandar di Pelabuhan Passarang setiap hari Minggu.

Selain penumpang, kapal tersebut juga mengangkut sembako dan kebutuhan warga lainnya. Petugas pelabuhan dan karantina hewan standby di pelabuhan untuk melayani tiket dan memeriksa hewan sebelum naik kapal.

Selain itu, pemanfaatan pelabuhan tersebut menjadi berkah tersendiri bagi warga sekitar. Pasalnya, lapangan pekerjaan tersedia dampak dari pemanfaatan pelabuhan tersebut. Ada yang jadi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), kuli angkut dan ada juga yang jadi penjual di sekitar pintu masuk pelabuhan tersebut. (Irwan)

kapal-perintis-beroperasi-di-pelabuhan-majene-tarif-ke-kalimantan-hanya-rp-22-ribu

(Suasana bongkar muat barang di Pelabuhan Passarang)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close
%d bloggers like this: