Sosial Ekobis

Semuan RT di Desa Bonde-Bonde Punya WC

penyerahan-bantuan-klosed-kepada-warga-dusun-cambaraya-hamzah-web

Penyerahan kloset oleh Kepala Desa Bonde-Bonde, Baharul kepada warga.

Majene, mandarnews.com – Upaya bebas dari buang tinja sembarang tempat atau bahan kerennya ODF (Open Defecation Free), Pemerintah Desa Bonde-Bonde membagikan klosed/jamban kepada warga. Kini, semua rumah tangga (RT) di desa tersebut telah memiliki water closet (WC). Untuk membuat WC, masing-masing RT menerima bantuan berupa kloset 1 unit , semen 2 zak, batu merah 20o biji, dan pipa ukuran 3 inci.

Pembagian bahan bangunan pembangunan WC tidak dilasakan dalam sekali penganggaran melainkan secara bertahap. Penganggaran pertama dilakukan pada tahun 2015 dan penganggaran kedua pada tahun 2016.

Sebenarnya, desa ini telah mendeklarasikan ODF sejak 2015, meski belum semua RT memiliki kloset, tapi beberapa titik WC umum sudah menjadikan warga desa ini bebas buang tinja sembarang tempat.

Kini semua warga memiliki kloset, apakah WC umum dirubuhkan ? Ternyata tidak. Bahkan WC umum itu disentuh perbaikan karena masih sangat dibutuhkan.

“Biasa kan dalam satu rumah ada yang bersamaan buang air, kalau terjadi begitu, dengan adanya WC umum kan sangat membantu,” kata Baharul, Kepala Desa Bonde-Bonde.

Menurut Baharul, dalam membagikan bantuan kloset, dirinya dan warga membuat perjanjian. Perjanjiannya adalah jika warga tidak membangun kloset dalam tempo satu bulan maka semua bantuan tersebut ditarik. Sehingga dengan perjanjian itu, tidak ada warga penerima bantuan yang tidak membuat WC.(majid)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close
error: Content is protected !!