Kesehatan

Program Kabupaten Sehat Sejalan Dengan MP3

1

Majene, mandarnews.com – Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Majene terbentuk. Tujuan dari keberadaan forum ini dinilai sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Majene yang lebih dikenal dengan MP3 (Majene Profesional, Majene Produktif, dan Majene Pro Aktif).

Salah satu sasaran yang  ingin dicapai visi dan misi Pemerintah Kabupaten Majene adalah meningkatkan derajat kesehatan, sebagaimana tertuang dalam RPJMD kabupaten Majene tahun 2016 – 2021. Sasaran ini akan mudah tercapai lantaran mendapat dukungan dari program nasional berupa program Kabupaten Sehat.

Kabupaten Sehat adalah suatu kondisi kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa  tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

2

Buku ‘Healthy Cities’ dibagikan oleh penulisnya sendiri, Sukri Palutturi, SKM, M.Kes,MSC.PH,PhD

Pemerintah Kabupaten Majene segera menangkap peluang ini dengan menfasilitasi masyarakat membentuk Forum Kabupaten Sehat. Pemerintah kabupaten Majene menyadari bahwa untuk mewujudkan penyelenggaraan kabupaten sehat perlu dukungan kualitas lingkungan fisik, sosial, perubahan perilaku masyarakat melalui peran aktif masyarakat dan swasta serta pemerintah daerah secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkesinambungan.

Keberadaan Forum Kabupaten Sehat terungkap melalui acara sosialisasi “Urgensi Kabupaten Sehat dalam mendukung Program MP3”. Bupati Majene, DR. H. Fahmi Massiara MH berkesempatan membuka sosialisasi.

Dalam sambutan tertulis, Fahmi memerintahkan agar Forum Kabupaten Sehat yang sudah terbentuk untuk segera membentuk Forum Kecamatan Sehat. Forum Kecamatan sehat dibutuhkan sebagai wadah bagi masyarakat di kecamatan untuk menkoordinasikan, mengintegrasikan, mensinkronkan dan mensimplikasikan prioritas, perencanaan antara desa satu dengan desa lainnya di wilayah kecamatan yang dilakukan oleh masing-masing Pokja Desa Sehat, mewujudkan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni warganya.

Ia juga berharap agar sosialisasi ini dapat memberikan informasi dan referensi demi tercapainya kondisi kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat untuk bekerja dan berkarya bagi warganya, dengan terlaksananya berbagai program pembangunan berwawasan kesehatan, sehingga dapat meningkatkan sarana, produktifitas dan perekonomian masyarakat.

Acara sosialisasi ini adalah program terintergrasi antara Badan Perencanaan Kabupaten dan Dinas Kesehatan Kab. Majene. Acara ini menghadirkan penulis buku “Healthy cities”. Ia adalah Sukri Palutturi, SKM, M.Kes,MSC.PH,PhD, Staf Pengajar FKM Unhas.

Selain Bupati, pejabat yang hadir dalam sosialisasi antara lain Staf Ahli Bidang Sosial dan Keuangan, Kepala Bapeda, Kepala Balitbang, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala PP & PA, Kepala Pengendalian Penduduk dan KB, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertamanan, Forum Kabupaten Sehat, Tim Pembina Kabupaten Sehat, para Camat, Aktifis Program Pemberdayaan Masyarakat, organisasi profesi, dan para Kabid Bapeda Majene.(rizaldy)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close
error: Content is protected !!