Kesehatan

Dinkes akan Launching Germas Bulan Ini

germas-majene

Majene, mandarnews.com –Demi memantapkan pelaksanaan kegiatan launching Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) 20 Oktober 2017 mendatang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Majene melaksanakan rapat persiapan acara bersama instansi terkait di Ruang Rapat Sekda Majene, Selasa 3 Oktober 2017.

Kepala Dinkes Majene, drg Nurwan Katta mengatakan, rapat tersebut dilaksanakan guna membahas segala keperluan yang akan disiapkan pada acara tersebut. Persiapan seperti tempat dan fasilitas penunjang acara dibahas dalam rapat ini.

“Iya tadi sebatas rapat persiapan Germas, ini kegiatan dari provinsi yang dilaksanakan di kabupaten,” kata drg Nurwan Katta.

Nurwan menjelaskan, salah satu tujuan dari kegiatan Germas ini adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Pola hidup bersih dan sehat merupakan salah satu wujud Revolusi Mental.

“Germas mengajak masyarakat untuk membudidayakan hidup sehat, agar mampu mengubah kebiasaan atau perilaku tidak sehat sehari – hari,” ujarnya.

Salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan pada kegiatan ini nanti, ialah kegiatan mengajak masyarakat untuk makan buah dan sayur dan beberapa ajakan berprilaku hidup sehat lainnya.

Lebih lanjut drg Nurwan menjelaskan, Germas merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI. Program ini mengedepankan upaya promotif dan preventif tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

Germas juga dikatakan sebagai suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.(Ashari)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close
error: Content is protected !!