News

Demi Keselamatan Warga, Embung Abaga Dirobohkan

demi-keselamatan-warga-embung-abaga-dirobohkan

Dirobohkan. Bagian kiri Embung Abaga dirobohkan demi keselamatan warga, Rabu 11 Oktober 2017.

Majene, mandarnews.com – Kondisi Embung Abaga di Baruga Barat, Kelurahan Baruga, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) membuat warga ketakutan.

Sebab, intensitas hujan yang meningkat akhir-akhir ini membuat Embung Abaga berlubang, retak dan terancam jebol. Bahkan, akibat hujan, Selasa 10 Oktober 2017 malam, tembok besar embung itu miring.

Satker PJPA WS Kalukku-Karama, Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi III telah melakukan tindakan atas kerusakan embung tersebut. Satu alat berat diturunkan untuk merobohkan bagian kiri embung yang mengalami kerusakan.

“Kita bongkar demi keamanan, kita sudah bobol. Itu yang bisa kita lakukan sekarang,” kara Kepala Satker PJPA WS Kalukku-Karama, Daniel saat berkunjung ke Embung Abaga, Rabu 11 Oktober 2017.

Daniel mengatakan, pihaknya telah melakukan pendataan kerusakan embung itu. Selanjutnya, akan melihat desain sebelumnya dan mendesain ulang embung tersebut. Kerusakan embung yang baru berusia dua tahun itu merupakan tanggung jawab BWS Sulawesi III karena aset pemerintah pusat.

Rencananya, Daniel akan berkoordinasi dengan BWS Sulawesi III di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng). Informasi awal, embung itu akan diperbaiki pada sisi kiri yang mengalami kerusakan. Selain itu, bangunan beton yang tidak mengalami kerusakan akan ditambah.

Sementara itu, salah satu pemuda Baruga, Syamsuddi menolak rencana perbaikan tersebut. Lebih baik, kata Syamsuddin, seluruh bangunan embung dirobohkan kemudian dibangun kembali dengan baik.

“Hancurkan dulu semua baru dibangun ulang. Sudah jelas bangunan yang ada itu tidak sesuai dengan bestek. Dulu jaminannya 20 tahun ternyata dua tahun,” kata Syamsuddin. (Irwan Fals)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close
error: Content is protected !!