Kesehatan

Bapeda Majene Siap Dukung Germas

germas-bapeda-majene

Majene,mandarnews.com – Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) telah di Launching Pemerintah Daerah (Pemda) Majene Jumat 20 Oktober 2017 lalu. Untuk mendukung program ini Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Majene telah mempersiapkan berbagai upaya.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Pengembangan Sosial Budaya Bapeda Majene, Rusdi Hamid Senin 23 Oktober 2017 kepada mandarnews.com. Kata dia, Bapeda Majene akan berperan sebagai Badan koordinasi dan memfasilitasi Pemda dalam pelaksanaan kegiatan Germas di Majene.

“Untuk mempercepat rencana aksi kita akan mendorong lahirnya instruksi Bupati tentang gerakan masyarakat hidup sehat sebagai tindak lanjut instruksi presiden nomor 1 tahun 2017,” jelasnya.

Selanjutnya pihaknya kata Rusdi, pihaknya berencana akan melakukan pertemuan dengan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, tokoh masyarakat, tokoh agama, akademisi dan dunia usaha untuk menerapkan Germas melalui perilaku hidup bersih sehat di tatanan masing-masing.

“Namun selanjutnya kami akan koordinasikan dulu dengan dinas kesehatan,”katanya.

Untuk diketahui Program Germas telah dilaunching Pemda Majene pada Jumat 20 Oktober pekan lalu di Stadion Prasamya Majene. Sejumlah kegiatan di rangkaikan dalam acara tersebut diantaranya penampilan puisi teatrikal tema Germas, pelepasan balon udara, senam sehat bersama, kunjungan ke stand pameran yang terdapat di area stadion hingga pelaksanaan donor darah di salah satu stand.

Dalam acara tersebut Bupati Majene Fahmi Massiara juga mengukuhkan Forum Kabupaten Sehat tingkat Majene yang terdiri dari berbagai perwakilan di setiap Instansi terkait.

  • Baca kumpulan berita tentang : Germas

Program Germas mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat, agar mampu mengubah kebiasaan atau perilaku tidak sehat sehari-hari. Masyarakat diajak untuk makan buah dan sayur dan beberapa ajakan berperilaku hidup sehat lainnya.

Germas merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

Germas juga dikatakan sebagai suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.(Ashari)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close
error: Content is protected !!