Kesehatan

Germas, Membangun Kesehatan Masyarakat

germas-majene

Majene, mandarnews.com – Seiring dengan Gerakan Indonesia sehat melalui intruksi Presiden RI Joko Widodo, Pemerintah Kabupaten Majene telah melaunching program Gerakan Masyarakat hidup Sehat (Germas), Jumat 20 Oktober 2017 di Stadion Prasamya Majene.

Sejumlah kegiatan dirangkaikan dalam agenda ini, diantaranya penampilan puisi teatrikal tema Germas, pelepasan balon udara, senam sehat bersama, kunjungan ke stand pameran yang terdapat di area stadion hingga pelaksanaan donor darah di salah satu stand.

Dalam acara tersebut Bupati Majene, Fahmi Massiara juga mengukuhkan Forum Kabupaten Sehat tingkat Kabupaten Majene yang terdiri dari berbagai perwakilan di setiap Instansi terkait.

Para Instansi ini nantinya akan berperan dalam mengembangkan sistem kesehatan di daerah. Meliputi kegiatan gotong royong masyarakat, upaya kesehatan, pengamatan dan pemantauan kesehatan, pembiayaan kesehatan, merumuskan dan memecahkan masalah kesehatan.

Fahmi Massiara dalam sambutanya mengatakan, dalam rangka mewujudkan visi pembangunan nasional dan pada umumnya visi pembangunan daerah, program Germas ini bersinergi dengan visi misi pemerintah daerah Majene. Yaitu Majene professional, Proaktif dan Produktif (MP3), khususnya dalam bidang kesehatan.

  • Baca kumpulan berita tentang : Germas

Maka ini menjadi suatu perhartian Pemerintah Daerah (Pemda) Majene, sehingga dengan kegiatan ini ia berharap akan semakin menguatkan komitmen Pemda Majene untuk selalu mengedepankan upaya-upaya pencegahan penyakit, menggalakan budaya hidup sehat, melalui gerak aktif dan berolahraga.

“Upaya tersebut akan membantu menciptakan perilaku hidup sehat di masyarakat tidak hanya dengan perspektif mengobati saja namun upaya pencegahan melalui gerak dan olahraga, ” jelas Fahmi.

Di tempat yang sama, Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Ali Baal Masdar (ABM) dalam sambutanya sangat mengapresiasi program ini. Menurutnya, Germas merupakan program yang sifatnya berulang. Setiap daerah di Indonesia tentu akan tetap mengupayakan peningkatan kualitas hidup masyarakatnya melalui penyadaran pola hidup sehat.

Dalam kesempatan itu mantan Bupati Polman dua periode ini juga menyebutkan, gerakan ini akan dimulai dengan tiga fokus kegiatan, yaitu meningkatkan aktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah, serta deteksi dini penyakit tidak menular (PTML).

“Program ini kan sifatnya mengulang saja, yang terpenting komitmen hidup sehat yang harus kita maksimalkan tidak merokok, tidur teratur, sikat gigi, minum air putih, berolahrgaga menggunakan baju bersih dan sarapan, kalau itu kita lakukan Insya Allah kesehatan akan selalu terjaga,” tandasnya.

Hal yang serupa juga dikatakan Ketua Pelaksana Ir Burhanuddin, dengan kegiatan ini diharapkan bisa menggerakan masyarakat supaya bisa hidup sehat.

“Perbanyak makan buah dan sayur, bagaimana caranya agar tidak merokok minum minuman beralkohol paling tidak dihilangkan sama sekali, itu yang perlu, dan kemudian periksa kesehatan secara teratur,” jelas Sekda Majene ini

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa gerakan ini diharap tidak sampai disini tetapi seluruh masyarakat terus melakukan hal ini.

Menurutnya, dalam mensukseskan program ini pihaknya telah mengintruksikan kepada setiap kecamatan termasuk ke setiap sekolah. Supaya melakukan aktifitas sehat seperti berolah raga secara rutin di sekolah.

“Ini intruksi presiden dan itu harus dilakukan, harapanya masyarakat semakin produktif dan kalau ini sudah diterapkan maka diharapkan masyarakat semakin sehat,” harapnya.(Ashari)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close
error: Content is protected !!