Polhukam

Partisipasi Masyarakat Penting dalam Pengawasan Pemilu

partisipasi-masyarakat-penting-dalam-pengawasan-pemilu

Sosialisasi. Panwaslu Kabupaten Majene menggelar sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif di B’ Nusabila, Rabu 15 November 2017.

Majene, mandarnews.com – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif di B’ Nusabila, Rabu 15 November 2017.

Ketua Bawaslu Sulbar, Sulfan Sulo juga hadir dalam sosialisasi yang dihadiri sejumlah kalangan ini. Ia mengatakan, partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu sangat dibutuhkan.

Apalagi, kata Sulfan, secara struktural jumlah pengawas Pemilu sangat sedikit dibandingkan persentase masyarakat. Untuk menangani hal itu, salah satu caranya adalah pelibatan masyarakat dalam pengawasan dalam membuat forum.

“Beberapa program yang dilakukan salah satunya adalah forum warga pojok pengawasan di kantor Panwas. Harapannya, supaya masyarakat lebih dekat dengan pengawas Pemilu dan terlibat secara aktif dalam proses pengawasan,” kata mantan Komisioner KPU Majene ini.

Ke depan, forum warga dibentuk setiap desa di Sulbar. Tentunya, pengawasa Pemilu nantinya akan diutamakan pencegahan. Meski demikian, pengawas Pemilu disetiap tingkatan akan tegas menindak para pelanggar.

“Forum warga terbentuk dari kelompok masyarakat menjadi alat kontrol kita dibawah dan lahir atas kesadaran bahwa Pemilu bagian dari yang harus diorong agar tidak prgmatis dengan pemilu,” jelasnya.

partisipasi-masyarakat-penting-dalam-pengawasan-pemilu-1

Sulfan juga mengatakan, upaya pelibatan masyarakat itu dilakukan agar tercipta Pemilu yang berintegritas. Kata Sulfan, semuanya itu tidak akan terwujud tanpa pelibatan masyarakat secara aktif.

Dalam sosialisasi tersebut, Ketua Panwaslu, Muhammad Irjan, Panwascam, organisasi kepemudaan, mahasiswa, siswa dan sejumlah kalangan juga turut hadir. (Irwan Fals)

  • Baca kumpulan berita tentang : Panwaslu
Facebook Comments

Leave a Comment

Close
error: Content is protected !!