Polhukam

Pemilu Kepala Lingkungan Lipu, TPS Berlangsung di Masjid

img-20171129-wa0041

Foto : Farhan.

Majene, mandarnews.com – Warga Lingkungan Lipu, Kelurahan Labuang, Kecamatan Banggae Timur, Majene menggelar pemilihan umum untuk memilih kepala lingkungan baru, Senin 27 November 2017 lalu.

Menariknya, pemilu kepala lingkunga Lipu ini berlangsung malam hari di dalam masjid setempat.

Dua calon kepala lingkungan bertarung dalam pemilihan tersebut masing – masing Huswad dan Muhammad Aslan Si’dang.
Pemilihan kepala lingkungan dengan cara pemilu langsung tesebut merupakan yang pertama kali berlangsung di Lipu.

Warga Lipu antusias mengikuti pemiihan,kendati sempat terjadi hujan deras, warga tetap ramai – ramai mendatangi masjid Nurul Mustakim untuk menyalurkan hak pilihnya.

Seperti pada pemilu lainnya seperti Pilkada, atau pilpres, warga yang bisa memilih adalah yang telah berusia 17 tahun atau sudah menikah. Syarat lainnya adalah warga Lipu dibuktikan dengan KTP atau Kartu Keluarga.

Pemilihan diawali dengan pendaftaran warga kepada panitia dari kelurahan Labuang.
Setelah itu, warga menunggu panggilan untuk memilih dari salah satu calon.

Panitia menyiakan tempat pemungutan suara (TPS ) berupa meja dan kotak suara dalam masjid. Pemiihan mulai berlangsung setelah shalat Isya.

Salah seorang warga Lipu, Asmanuddin yang juga ketua KPUD Majene mengapresiasi pemilu kepala lingkngan di Lipu.

Menurutnya, pemilihan kepala lingkungan yang berlangsung demokratis merupakan contoh yang baik bagi pemilu lainnya di tanah air. Selain itu, dapat menjadi pendidikan politik bagi warga terutama soal pentingnya partisipasi dalam pembangunan demokrasi.

” Ini langkah yang bagus, meski berlangsung di malam hari, warga tetap antusias datang menyalurkan hak pilihnya,” kata Asmanuddin yang ikut serta memilih.

Lurah Labuang, Adila Yusuf yang hadir dalam proses pemilihan menyatakan, pemilihan dengan metode pemilihan langsung adalah hasil kesepakatan warga Lipu.

img-20171129-wa0045

Data yang diperoleh, pemilihan kepala lingkungan di Lipu dalam beberapa periode sebelumnya dengan metode musyawarah perwakilan.

” Kepada calon yang menang, selamat bekerja, selamat menjalankan tugas, rangkul semua warga tanpa melihat siapa yang dipilih,” kata Lurah Adila dalam sambutannya usai pemilihan.

Berdasarkan hasil penghitungan suara, kepala lingkungan terpilih adalah Muhammmad Aslan Si’dang dengan meraih 153 suara, sementara calon lainnya Huswad meraih 55 suara. (Irwan Fals)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close
error: Content is protected !!