Pendidikan

Komisi III Desak Pemkab Bayarkan TPG Secepatnya

img-20171130-wa0088

Ketua Komisi III DPRD Majene, Adi Ahsan

Majene, mandarnews.com – Ketua Komisi III DPRD Majene, Adi Ahsan mendesak Pemerintah Daerah (Pemda) Majene segera menyelesaikan sisa pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) 2016 dan pembayaran TPG triwulan III tahun 2017.

Hal ini diungkapkannya saat melakukan rapat bersama Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Disdikpora) Majene, di ruang rapat DPRD Majene, Rabu 29 November 2017 kemarin.

Adi berharap Pemda Majene juga segera memproses pencairan TPG triwulan IV tahun 2017. “Ini sudah dipenghujung tahun, makanya semua harus segera diselesaikan,” tegasnya.

Ia berharap hingga pekan ketiga Desember tahun ini hal itu sudah dapat dipenuhi. Apabila sertifikasi triwulan IV belum juga dicairkan, maka Komisi III akan memanggil Disdikpora untuk hearing.

Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Disdikpora) Majene, Ashar Malik, mengatakan Pembayaran TPG jatah bulan Desember 2016 rencananya dibayarkan pekan depan.

Menurutnya, Disdikpora telah mengantongi surat keputusan tunjangan profesi (SKTP) kurang bayar SK yang diterbitkan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud itu merupakan syarat mutlak pembayaran sertifikasi menyeberang. “SK kurang bayar sudah ada sejak seminggu lalu,” ujar Ashar, kepada wartawan.

Kata dia, dalam waktu dekat, Disdikpora akan merampungkan proses pembayaran sertifikasi sebesar Rp5,8 miliar untuk 1.592 guru.

Anggaran yang digunakan itu bersumber dari saldo sertifikasi 2016 sekira Rp3 miliar. Untuk menggenapi digunakan silpa sertifikasi triwulan I dan II tahun 2017 yang diperkirakan lebih Rp9 miliar.

“Prosesnya akan kita selesaikan sebelum Jumat depan,” katanya.

Selain utang sertifikasi 2016, lanjutnya, Disdikpora sekaligus akan membayarkan TPG triwulan III tahun 2017. Total pembayaran triwulan III diperkirakan mencapai Rp13 miliar. Sementara untuk pembayaran TPG triwulan ke IV pihaknya selanjutnya akan mengupanyakan itu setelah semuanya selesai terbayarkan.
“Semua akan diselesaikan secepatnya,” tandas Ashar.(Ashari)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close
error: Content is protected !!