Kesehatan

Delapan Desa Komitmen Stop Buang Air Besar Sembarangan

bupati-majene-fahmi-massiara-2

Tanda Tangan. Bupati Majene, Fahmi Massiara menandatangi komitmen stop BABS bersama delapan desa saat deklarasi ODF di Aula Masjid Ilaikal Mashir, Senin 18 Desember 2017.

Majene, mandarnews.com – Bupati Majene Fahmi Massiara menandatangani deklarasi Open Depecation Free (ODF) atau komitmen untuk stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di Aula Masjid Ilaikal Mashir Majene, Senin 18 Desember 2017.

Kepala Dinas Kesehatan Majene drg Nurwan Katta mendampingi Fahmi Massiara. Penandatanganan dilakukan bersama delapan perwakilan desa yang komitmen stop BABS. Diantaranya, Desa Buttu Baruga, Bonde, Bababulo Utara, Lalatedong, Tammerodo Utara, Seppong, Sulai dan Desa Kayu Angin.

Kedelapan desa ini ditetapkan sebagai perwakilan masyarakat Majene dalam membiasakan gerakan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) setelah tim penilai melakukan verifikasi dan peninjauan langsung di lapangan.

bupati-majene-fahmi-massiara-1

Fahmi Massiara dalam sambutannya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada desa yang telah berhasil mendorong masyakatnya untuk berkomitmen Stop BABS.

“Besar harapan saya agar tidak ada lagl masyarakat yang buang air besarsembarangan, tentu saya juga berharap agar desa atau kelurahan dan kecamatan lain di wilayah Kabupaten Majene dapat segera melakukan hal yang sama seperti apa yang helah dicapal oleh 8 desa pada hari ini,” harapnya.

  • Baca kumpulan berita : ODF

Dia juga berharap agar kiranya kebiasaan stop BABS dapat dipertahankan. Kepada para OPD, Camat, Lurah/Desa, Pimpinan Puskesmas dan Sanitarian diharapkan dapat terus menerus memfasilitasi masyarakat agar menjadi kebiasaan yang permanen. Sehingga apa yang diharapkan Majene menjadi kabupaten bersih dan sehat.

Acara ini dihadiri beberapa pihak terkait diantaranya Direktorat Kemententrian Kesehatan Republik Indonesia, Dinas Kesehatan Provinsi, para pejabat Muspida Kabupaten Majene, Direktur Eksekutif MCA-Indonesia, Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Majene, Kepala Puskesmas Se Kabupaten Majene, Koordinator MCAI, STBM, PAMSIMAS Provinsi Sulawesi Barat, Fasilitator MCAI, STBM PAMSIMAS Kabupaten Majene. (Ashari)

Facebook Comments

Close