Kesehatan

Pemda Target 95 Persen Warga Masuk dalam Daftar KIS

bpjs-pemda

Serahkan Piagam. BPJS memberikan piagam penghargaan terhadap Bupati Majene, Fahmi Massiara sebagai mitra, Senin 18 Desember 2017.

Majene, mandarnews.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Majene dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Polewali melakukan pendatanganan kerja sama di Ruang Rapat Sekda, Senin 18 Desember 2017.

Kerja sama tersebut adalah terkait cakupan semesta atau Universal Health Coverage (UHC) tahun 2018 di Majene. Artinya, cakupan kepesertaan menyeluruh suatu wilayah dengan minimal 95 persen dari jumlah penduduk yang telah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Deputi Direksi Wilayah Sulsel, Sulbar, Sultra dan Maluku BPJS Kesehatan, dr. I Made Puja Yasa, AAK mengatakan, saat ini Majene berada pada angka 82 persen kepesertaan JKN-KIS. Dengan rincian, 71.598 jiwa Penerima Bantuan Iuran (PBI) pusat dan 27.037 jiwa PBI daerah.

“Jadi pak bupati memastikan tahun 2018 warganya, minimal 95 persen dalam program ini per 1 Januari 2018,” kata dr. I Made Puja Yasa.

Jika dijumlahkan, jumlah peserta KIS di Majene kini mencapai 98.635 jiwa. Jumlah ini akan kembali ditambah 29 ribu peserta sebagai hasil kerja sama UHC antara Pemda Majene dan BPJS untuk memenuhi kuota minimal 95 persen dari sekitar 166 ribu jiwa di Majene.

dr. I Made Puja Yasa menyebutkan, saat ini data tambahan penerima PBI daerah dalam proses perampungan. Ia berharap, agar data dari Pemda Majene segera masuk agar kartu KISnya bisa segera dicetak.

Selain itu, dr. I Made Puja Yasa berharap agar Pemda Majene komitmen untuk membangun dalam bidang kesehatan. Utamanya penyedian sarana dan prasarana, termasuk SDM yang mumpuni.

Bupati Majene, Fahmi Massiara mengatakan, pihaknya berharap dukungan dari semua pihak untuk menyukseskan rencana ini. Ia juga berkomitmen untuk membangun Majene dalam bidang kesehatan.

“Di tahun 2018, Pemda Majene berkomitmen untuk mengalokasikan APBD untuk membiayai masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS,” kata Fahmi Massiara. (Irwan Fals)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close
error: Content is protected !!