Pertanian

Upsus Padi dan Jagung Lampaui Target

upsus-malunda

Panen Bersama. Pemda, Kodim 1401, Polres Majene, Pemerintah Kelurahan Lamungan Batu dan kelompok tani sekitar kembali melakukan panen bersama di Lamungan Batu, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), Rabu 27 Desember 2017.

Majene, mandarnews.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Majene melalui Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan (Distanakbun) dan Kodim 1401 Majene sejak lama bekerja sama dalam bidang pertanian.

Kerja sama itu dalam bentuk upaya khusus (upsus) dalam upaya meningkatkan tiga komoditas pertanian. Seperti padi, jagung dan kedelai.

Upaya itu terus gencar dilakukan. Menurut Kepala Distanakbun Majene, Burhan mengatakan, upsus padi bahkan melampaui target 104,42 persen. Sementara jagung juga sama, mencapai 145,4 persen dan kedelai berada pada angka 25,61 persen.

“Khusus penanaman kedelai kita akan genjot pada bulan Februari pada 2018 mendatang di delapan kecamatan,” jelas Burhan.

Rabu 27 Desember 2017, Pemda, Kodim 1401, Polres Majene, Pemerintah Kelurahan Lamungan Batu dan kelompok tani sekitar kembali melakukan panen bersama. Luas sawah mencapai 40 hektar yang ditanami jenis padi varietas situ bagendit, ceherang, ciliwung dan mekongga.

Sementara itu, Bupati Majene, Fahmi Massiara mengucapkan syukur atas panen padi tersebut. Ia berharap, agar lebih terdorong untuk ikut serta menyukseskan upsus pemenuhan pangan di Majene.

“Mudah-mudahan setelah panen ini tetap dilanjutkan kembali untuk mencapai persentase yang kita harapkan,” harap Fahmi Massiara. (Busriadi)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close
error: Content is protected !!