Pendidikan

Mahasiswa Busan University Kunjungi UNSULBAR

img_20180206_111600

Majene, mandarnews.com – Dua mahasiswa Busan University of Foreign Studies yang sedang magang di SMK Negeri 1 Majene yakni Lee Gukhan dan Kim Hye Jin melakukan kunjungan ke Unsulbar (Universitas Sulawesi Barat), Selasa (6/2/18). Hal ini dimaksudkan untuk mengenal lebih dekat satu-satunya universitas negeri yang ada di Sulawesi Barat.

Dalam kunjungan ini kedua mahasiswa tersebut diajak menemui Mahasiswa Unsulbar dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris untuk berkenalan dan saling memberi informasi singkat tentang kondisi pendidikan di kedua negara.

Mahasiswa Unsulbar berfoto selfie dengan Kim Hye Jin

Mahasiswa Unsulbar berfoto selfie dengan Kim Hye Jin

Usai bertemu rekan mahasiswa dari Unsulbar, kedua Mahasiswa tersebut diajak berkenalan dengan Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra serta Rektor Unsulbar. Dalam pertemuan itu Rektor memberikan penjelasan singkat tentang Unsulbar dan harapannya tentang kerjasama antar perguruan tinggi di kedua negara. Apalagi saat ini Unsulbar sudah banyak menjalin hubungan kerjasama dengan beberapa Negara di Asia. Rektor Unulbar, Akhsan Djalaluddin berharap kedua mahasiswa tersebut bisa menjadi jembatan awal bagi Unsulbar untuk membuka kran kerjasama antar universitas di Korea Selatan.

Dalam pertemuan itu kedua Mahasiswa didampingi oleh Pak Abid dari LPMP Sulbar dan dua guru SMK Negeri 1 Majene yakni Zukhrinab Abdul Kadir, Arum Puspasari, serta salah satu staf Tata Usaha dari SMK Negeri 1 Majene, Nur Indah.

Mahasiswa Unsulbar berfoto selfi dengan Lee Gukhan.

Mahasiswa Unsulbar berfoto selfi dengan Lee Gukhan.

Zukhrinab menjelaskan kepada Rektor, awal mula hubungan kerjasama antara SMK Negeri 1 Majene dengan pihak Korea Selatan dalam hal ini IKCS (Indonesian Korean Culture Study) bidang pendidikan yang kemudian diikuti dengan program kunjungan guru di kedua institusi pendidikan di Korea. Dan sebaliknya sekarang Korea mengirim dua mahasiswa magangnya ke SMA Negeri 1 Majene.

Mandarnews.com yang turut serta mendampingi menanyakan kepada kedua mahasiswa tersebut tentang kesan yang diperoleh dari kunjungan ke Unsulbar, Kim Hye Jin mengaku terkesan dengan keramahan dan kehangatan penyambutan yang diberikan oleh pihak Unsulbar dan jajarannya.

Hanya saja ia sedikit memberikan saran untuk sebuah Institusi pendidikan sebaiknya gedungnya bagus dan fasilitas lengkap. Agar Mahasiswa  senang belajar dan bisa berkompetisi. Jika gedung bagus Fasilitas kengkap seperti yang ia jalani selama kuliah di Busan, mahasiswa jadi nyaman dan senang belajar. Dan hal itu yang ia belum temukan di Unsulbar.

Dalam pantauan Mandar News memang kondisi kampus Unsulbar yang jadi tempat menerima mahasiswa dari Korea memang masih jauh dari kata bagus dan lengkap. Hal ini disebabkan sebagai kampus yang usianya masih terbilang muda Unsulbar juga sementara berbenah. Gedung-gedung perkuliahan masih dalam tahap pembangunan fisik, dan fasilitas-fasilitas belajar juga dalam proses disiapkan.(rizaldy)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close