Polhukam

15 Parpol Dinyatakan Memenuhi Syarat

Serahkan. Komisioner KPU Majene, Fachruddin menyerahkan berkas hasil rekapitulasi parpol di Aula KPU Majene, Kamis 8 Februari 2018.

Majene, mandarnews.com – Tahapan pendaftaran dan verifikasi partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) telah selesai.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Majene telah menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penelitian administrasi dan verifikasi parpol. Seperti verifikasi kepengurusan, keterwakilan 30 persen perempuan, domisili kantor dan verifikasi keanggotan parpol.

“Hasilnya dari 15 parpol yang memasukkan berkas pendaftaran, dinyatakan memenuhi syarat semuanya,” kata Ketua KPU Majene, Surakhmat setelah rapat yang dihadiri pengurus parpol dan Panwaslu, Kamis 8 Februari 2018 sore.

15 parpol yang dinyatakan memenuhi syarat terdiri dari 12 parpol peserta Pemilu 2014 dan 3 parpol baru. Diantaranya Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Parta Persatuan Indonesia (Perindo) da Partai Garuda.

Tahapan selanjutnya, kata Surakhmat, pihaknya akan mengirim salinan dokumen parpol ke tingkat provinsi. KPU Sulbar akan merekapitulasi calon peserta Pemilu 2019, Minggu 11 Februari. Terakhir, KPU RI akan menetapkan parpol yang memenuhi syarat jadi peserta Pemilu 2019.

“Finalnya nanti itu tanggal 18 Februari. Secara nasional partai politik calon peserta Pemilu 2019 akan ditetapkan oleh KPU RI,” jelasnya. (Irwan Fals)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close