News

P2JN Tinjau Jalan Ambles

Majene, mandarnews.com – Tim Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) Sulawesi Barat (Sulbar) meninjau jalan ambles di Desa Palipi Soreang Kecamatan Banggae, Kabupaten Majene, Sabtu 10 Maret 2018.

Tim P2JN kunjungan lapangan di Jalan Trans Sulawesi yang ambles sejak satu bulan terakhir. Muh. Aksa, PPK 03 Majene Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah XIII Makassar mengatakan, peninjauan itu dilakukan untuk menentukan titik survey geolistrik.

“Kita pakai drone saat kunjungan lapangan, sekarang ini kita pembahasan dulu,” kata Aksa siang tadi.

Tim P2JN Sulbar meninjau jalan ambles di Desa Palipi Soreang | Foto : Ist.

Tim P2JN Sulbar meninjau jalan ambles di Desa Palipi Soreang | Foto : Ist.

Menurut Aksa, penentuan titik itu dilakukans sebelum pemeriksaan tanah. Survey menggunakan geolistrik digunakan untuk memeriksa kestabilan tanah.

“Tanah itu bisa diukur sampai 40 meter ke bawah,” jelasnya.

Survey geolistrik akan dilakukan didua titik Jalan Trans Sulawesi yang ambles. Titik pertama di Desa Palipi Soreang dan kedua di Desa Bonde Utara, Kecamatan Pamboang.

Aksa menjelaskan, hasil survey geolistrik akan diolah. Hasilnya akan menentukan upaya penanggulangan jalan ambles tersebut.

“Kita tidak bisa memastikan direlokasi atau bagaimana, kita menunggu hasil pengujian dulu,” kata Aksa.

Saat ini, BBPJN Wialayh XII Makassar menimbun jalan yang ambles. Karung berisi tanah juga disusun untuk mencegah ambles semakin parah saat terjadi hujan. (Irwan Fals)

Facebook Comments

Close