Seni-Budaya-Pariwisata

Materi Pengembangan Wisata, Begini Tips Direktur Perusda Jepara

fdi-sulbar

PENYULUHAN. Puluhan dosen dari berbagai perguruan tinggi penyuluhan pada masyarakat di Pesisir Rangas Kecamatan Banggae Kabupaten Majene, Sulbar | Foto : Ist

Majene, mandarnews.com – Direktur Perusahaan Daerah (Perusda) Aneka Usaha Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng), M. Rifqi Roosdhani jadi pemateri Seminar Nasional Forum Dosen Indonesia (FDI) Sulawesi Barat (Sulbar), Minggu 15 April 2018.

Pada seminar yang digelar di LPMP Sulbar, Rangas Kecamatan Banggae, Kabupaten Majene, Minggu 15 April 2018, Rifqi menjelaskan salah satu unit usaha Perusda andalannya.

Rifqi mengatakan, unit usaha itu adalah pemanfaatan lahan kebun kelapa dalam jadi tempat wisata. Menurutnya, tempat wisata tersebut terdapat sejumlah fasilitas, seperti track atau jalur kendaraan bermotor ATV serta flying fox.

“Kini juga sudah menghasilan dari sektor pariwasatanya, kebun kelapa milik Pemkab tersebut kami kelola menjadi sebuah testinasi yang menarik. Alhamdulillah kami menjadi Perusda terbaik 2017,” urai Rifqi.

Ia mengatakan, pengembangan wisata serupa saat berpotensi di Sulbar. Apalagi, daerah ini banyak kebun kelapa yang lebih luas dan dapat meningkatkan ekonomi warga.

Ketua FDI Sulbar, Irfan A. Palalloi menyampaikan, seminar nasional Triple Helix itu merupakan rangkaian dari Konferensi Nasional Artikel Ilmiah (KNAI) 2018. Puluhan dosen dari berbagai perguruan tinggi juga melakukan pengabdian berupa penyuluhan pada masyarakat di Pesisir Rangas.

“Mewujukan sinergi Triple Helix dalam mengoptimalkan potensi kemaritiman Sulbar secara nasional menjadi tema seminar dengan tujuan agar dari seminar lahir sumbangsih pemikiran bagi pembangunan daerah Sulbar,” kata Ifran yang juga dosen Teknik Informatika Unsulbar. (Irwan Fals)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close