Polhukam

KPU Majene Harap Peran Aktif Pemuda dalam Pemilu

ketua-kpu-majene-surakhmat

Ketua KPU Majene, Surakhmat | Ist

Majene, mandarnews.com – Ketua KPU Majene Surakhmat menyebutkan, partisipasi pemuda dalam pelaksanaan Pemilu sangat penting.

Menurut Surakhmat, kesadaran politik kaum muda harus digugah dan dibangkitkan untuk mendorong kualitas hasil Pemilu. Kata dia, politik tidak boleh dipahami sebatas pelaksanaan prosedural yang tidak mementingkan substansi.

“Substansi politik dalam kaitannya dgn pemilu adalah terpilihnya caleg yang berkualitas dan berintegritas,” kata Surakhmat pada pelatihan peningkatan kapasitas politik kaum muda yang digelar Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Majene, Jumat 4 Mei 2018.

Caleg yang berkualitas dan berintegritas, kata Surakhmat, akan menghasilkan parlemen yang baik. Harapannya, tercipta legislator hasil Pemilu yang punya wawasan dan kepedulain terhadap kepentingan rakyat.

“Mampu memperjuangkan dan mengartikulasikan kepentingan rakyat tersebut kepada lahirnya kebijakan atau keputusan-keputusan politik yang memihak rakyat,” jelasnya.

Untuk mencapai harapan itu, kaum muda harus mengambil peran penting dengan kesadaran politik, kritis dan progresif. Pemuda diharapkan menjadi motor penggerak lahirnya kesadaran politik di masyarakat.

“Kaum muda sebagai “opinion leader” harus menyuntik kesadaran rakyat untuk memilih caleg berdasarkan pertimbangan kualitas dan integritas,” harapnya. (Irwan Fals)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close