Olahraga

Mari Lestarikan Permainan Tradisional Redi Papan

Majene,mandarnews.com – Turnamen Redi Papan Terbuka tingkat Kecamatan Malunda di Lingkungan Pucca Owa, Kelurahan Malunda, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) mulai 23 April hingga 13 Mei 2018 resmi ditutup.

Ketua Panitia Pelaksana Dede Rusmana mengatakan, tujuan utama dilaksanakan permainan tradisional tersebut untuk menjalin silaturahmi antara pemain.

“Kemudian mencari bibit-bibit yang kita memang proyeksikan walaupun secara tradisional. Paling tidak bisa membangkitkan rasa tradisional itu sendiri melalui olahraga redi papan,” kata Dede usai penyerahan hadiah pada masing-masing peraih juara, Minggu malam 13 Mei 2018.

Dede menjelaskan, dalam pertandingan kali ini dibagi dalam tiga kategori. Kategori putri 12 pasang, kategori B putra 32 pasang, dan kategori A putra sebanyak 27 pasang.

“Setiap kategori sampai juara empat. Untuk sponsor menanggung juara satu, dua, dan tiga hadiahnya. Sedangkan hadiah juara empat dan hadiah penonton panitia yang tanggung,” jelasnya.

Dia berharap, Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahrga (Dispora) Kabupaten Majene agar melestarikan dan memperhatikan salah satu olahraga redi papan tersebut.

“Jangan sampai mati di tengah jalan. Karena permainan ini sangat dijangkau seluruh lapisan masyarakat,” harapnya.

Lurah Malunda M. Ikdar, yang hadir dalam kegiatan sangat mengapresiasi kegiatan itu.

“Karena ini salah satu kegiatan pembinaan bagi generasi muda untuk menghindari kenakalan remaja maupun mencegah perbuatan-perbuatan yang tidak diinginkan,” tutur Ikdar.

Sementara itu, Maskuri Makku selaku sponsor turnamen Pucca Owa mengatakan, pertandingan redia papan hanya semata- mata mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga.

“Hal lain, menjalin silaturahmi antar warga yang ada di Kecamatan Malunda. Karena redi papan ini diikuti dari berbagai desa di wilayah Kecamatan Malunda,” katanya.

Maskuri berpesan, bagi yang berhasil meraih juara agar berlatih lebih baik lagi dan mempertahankan prestasi yang telah dicapai.

“Bagi pemain-pemain yang belum berkesempatan meraih juara dalam turnamen ini, agar berlatih lebih giat untuk meningkatakn kualitas permainannya sehingga pada turnamen-turnamen yang lain bisa meraih prestasi,” imbuhnya Kepala UPTD Kecamatan Tubo Sendana ini. (Busriadi)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close