Polhukam

Bawaslu Sulbar Imbau Panwas Tingkatkan Pengawasan

Majene, mandarnews.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Barat (Sulbar) mengimbau jajaran Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) se-Kabupaten Majene agar lebih meningkatkan pengawasan.

Hal ini disampaikan langsung dalam Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2019 yang digelar Panwaslu Majene di Aula Hotel Davina Inn, Majene, Kamis 7 Juni 2018.

Kordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provinsi Sulbar Supriadi Narno mengatakan, pengawasan yang dilakukan oleh Panwaslu, khususnya Panwascam untuk setiap tahapan pemilu harus ditingkatkan.

“Kami ingin memastikan kinerja para Panwascam dalam melakukan pengawasan langsung, khususnya saat ini ada dua tahapan yaitu pemutakhiran daftar pemilih dan verifikasi faktual dukungan calon anggota DPD,” kata Supriadi

Supriadi menyebutkan, dalam hal menjalankan fungsi pengawasan, Panwascam harus memahami prosedur dan regulasi terkait Pemilu.

“Kita membekali mereka pengetahuan tentang prosedur apa yang dilakukan KPU beserta jajarannya dalam melakukan setiap tahapan pemilu. Jadi mereka (Panwascam) tahu apa yang harus dilakukan jika KPU tidak melakukan tahapan sesuai dengan prosedur yang ada,” jelasnya

Supriadi menekankan terkait pengawasan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Perangkat Desa. Ia juga mengimbau Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) agar tidak berkampanye di luar jadwal. (Misbah Sabaruddin)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close