Polhukam

Sejumlah Bakal Caleg Ikuti Tes Kesehatan

Pemeriksaan Kesehatan Bakal Caleg di Mamasa

dr. Adriana Direktur RSUD Kondosapata'

dr. Adriana
Direktur RSUD Kondosapata’

Mamasa, mandarnews.com – Ratusan bakal Calon Legislatif (Caleg) dari sejumlah Partai Politik (Parpol) mengikuti tes kesehatan di Aula Hotel Matana II, Kota Mamasa. Pemeriksaan kesehatan diselenggarakan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan difasilitasi Rumah Sakit Kondosapata’.

Direktur RSUD Kondosapata’, dr. Adriana saat ditemui di kegiatan itu, Kamis (12/7) menjelaskan, ada tiga tes kesehatan yang akan dilakukan yakni tes psikologi atau kejiwaan secara tertulis dan pemeriksaan berbadan sehat dan tes bebas dari penggunaan narkoba. Kegiatan yang berlangsung telah diikuti 257 bakal Caleg.

Ia menjelaskan, awalnya memang IDI Pusat bersama KPU RI menetapkan untuk pemeriksaan kesehatan Caleg di Provinsi Sulbar digelar di RSUD Polman dan RSUD Mamuju namun permintaan sejumlah Parpol agar diselenggarakan di Mamasa.

“Hal ini segera dikoordinasikan bersama pengurus IDI di Mamasa dan KPU Mamasa untuk memfasilitasi sehingga saat ini dilakukan di Hotel Matana II dengan total biaya pemeriksaan kesehatan Rp 850.000 yang disesuaikan dengan Perda,” ungkap Adriana yang juga pengurus IDI Mamasa.

Hal yang sama juga dijelaskan Divisi Teknis KPU Mamasa, Sudarsono K Wijaya. Rumah sakit, kata dia, yang sebelumnya ditetapkan sebagai tempat pemeriksaan kesehatan bakal Caleg di Sulbar yakni RS Polman dan RS Mamuju. Itu adalah hasil koordinasi KPU RI dan pengurus IDI pusat namun banyaknya permintaan Parpol di Mamasa meminta untuk diselenggarakan di Kabupaten Mamasa.

“Sehingga KPU hanya memfasilitasi permintaan Parpol agar pemeriksaan kesehatan berlangsung di Mamasa, karenanya dilakukanlah komunikasi ke IDI Mamasa dimana Direktur RSUD Mamasa, dr.Adriana merupakan pengurus dilembaga tersebut,” ungkapnya.

Sudarsono juga menyampaikan, data sementara bakal Celeg  yang belum mendapatkan keterangan sehat sebanyak 257 dari semua Parpol dan sementara mengikuti pemeriksaan kesehatan.

Sementara Bakal Caleg PKS, Juan Gayang Pongtiku saat diwawancarai disela-sela kesibukannya mengikuti tes kesehatan mengungkapkan, dengan dilakukannya pemeriksaan kesehatan di Mamasa semua bakal Caleg tiap Parpol sangat diringankan sehingga kinerja IDI, RSUD Kondosapata’ dan KPU Mamasa patut diapresiasi.

Andi Waris Tala sala-satu bakal Caleg PKS juga menyampaikan, jika melihat soal yang ada gampang-gampang susah karena walaupun pertanyaannya sederhana namun ini menyangkut kepribadian seseorang dan soal terdiri dari 567.

“Perlu ketelitian dan kejujuran untuk menjawab semua pertanyaan yang ada,” ujarnya.

Andi berpendapat, prinsipnya Bakal Caleg sangat dibantu dengan dilakukannya tes psikologi dan tes narkoba di Mamasa.

Ketua DPD PAN, Simon Gayang juga berpendapat. Khusus PAN sangat berterimakasih dan sangat mendukung tes kesehatan diselenggarakan di Mamasa.

“Saya menghimbau semua Bakal Caleg di PAN untuk mengikuti tes kesehatan di Mamasa saja, selain biayanya terjangkau juga tidak banyak membuang waktu,” ujarnya.(Hapri Nelpan)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close