Seni-Budaya-Pariwisata

HISKI Sulbar Terbentuk

Suasana pembentukan komposisi HISKI Sulbar di gedung Unasman, Senin 16 Juli 2018. Foto: Sri Musdikawati

Polewali, mandarnews.com – Himpunan Sarjana Kesusatraan Indonesia (HISKI) Wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) akhirnya terbentuk. Pembentukan berlangsung di gedung Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman), Senin 16 Juli 2018.

Sekretaris HISKI Sulbar As’ad Sattari mengatakan, dengan berdirinya HISKI Sulbar yang paling strategis dilakukan adalah akan mendorong kebijakan politik pemerintah pusat untuk membentuk BALAI Bahasa Sulbar.

Dengan demikian, lanjut As’ad, upaya konservasi Bahasa Mandar dan bahasa-bahasa lokal lainnya di Sulbar dapat semakin ditingkatkan.

“Ke depan, kita berharap dengan terbentuknya HISKI ini semangat untuk mengkaji bentuk kesusastraan kita di Sulbar, termasuk nilai yang ada di dalamnya makin bergelora,” ujar As’ad melalui WhtasApp, Selasa 17 Juli 2018.

Salah satunya, kata As’ad, identitas sebagai orang Mandar bisa dilihat dari bentuk-bentuk kesusastraan yang dimiliki.

“Dalam proses itu kita sangat berharap ada upaya pelestarian di dalamnya. Bahkan bisa menjadi bahan rekomendasi bagi pemerintah daerah dalam upaya pelestarian yang dimaksud,” pungkasnya.

Berikut komposisi HiSKI Sulbar :
Ketua : Chuduriah Sahabuddin
Ketua I : Srimusdikawati
Ketua II : Sulihin
Sekertaris : As’ad Sattari

Sekertaris I : Muthmainnah
Sekertaris II : Ansar

Bendahara : Nur Hafsah Yunus MS

Bendahara I : Alviyanita, dan

Bendahara II : Niar.

Selain itu, HISKI Sulbar memiliki lima departemen, pertama Penelitian dan pengembangan, kedua pendidikan dan pelatihan, ketiga Informasi dan Publikasi, keempat kerjasama, dan kelima pementasan.(Busriadi)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close