Polhukam

Begini Cara KPU Sulbar Tingkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu

Mamuju, mandarnews.com – Hari H Pemilu 2019 masih terbilang jauh. Namun bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat, seluruh hari menuju April 2017 mesti terus dijadikan sebagai ruang untuk mengoptimalkan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kesadaran memilih.

“Hari ini, seluruh komisioner yang membidangi divisi parmas atau partisipasi masyarakat kami undang untuk menghadiri rapat koordinasi. Kami berharap divisi yang berkaitan dengan sosialisasi pendidikan pemilih ini memiliki semangat yang sama dalam upaya pengembangan gagasan mengenai program partisipasi masyarakat,” sebut Adi Arwan Alimin, komisioner KPU Provinsi Sulbar kepada media, Kamis, 2 Agustus 2018.

Dalam rilis Divisi SDM dan Parmas KPU Provinsi Sulbar disebutkan, disebutkan semua jajaran KPU Kabupaten di Sulbar diharapkan melakukan sosialisasi yang melibatkan partisipasi warga secara maksimal.

“Misalnya pada program forum warga berbasis keluarga. Ini merupakan pendekatan yang perlu digarisbawahi semua jajaran KPU dalam usaha untuk meningkatkan keikutksertaan masyarakat di Pemilu, tidak hanya pada hari H 17 April nanti, namun semua tahapan pemilu yang berjalan,” sambung Adi Arwan.

Bila masyarakat telah memiliki kesadaran untuk terus ikut mencermati data pemilih yang dikeluarkan KPU, atau memiliki kesedian untuk ikut mencermati daftar calon legislatif dalam DCS Pemilu, hal itu juga menunjukkan suatu bentuk partisipasi yang sangat baik.

“Bentuk partisipasi yang dimaksud bukan hanya pada hari H tetapi di semua tahapan, kita sangat berharap demikian,” tambah Adi Arwan.

Rakor Divisi SDM dan Parmas ini dihadiri secara lengkap komisioner KPU Provinsi, yaitu Rustang; Said Usman Umar; Adi Arwan Alimin; Farhanuddin; dan Sukmawati M. Sila. Dalam sambutannya, Ketua KPU Provinsi Sulbar, Rustang mengatakan, setiap KPU kabupaten penting memahami sosial kultur daerahnya dalam menggerakkan partisipasi masyarakat secara aktif.

“Ini mesti disesuaikan dengan kondisi masing-masing daerah. Saya kira komisioner di Kabupaten telah cukup memahami ini dengan baik,” ujar Rustang kepada peserta rapat koordinasi yang digelar di aula kantor KPU Provinsi Sulbar.

Beberapa program yang telah dan akan dilaksanakan KPU kabupaten dan KPU Provinsi di tahun 2018, antara lain: Grebek Pasar; Jalan Sehat; Kompetisi Vlog Pemilu, Cerdas Cermat Kepemiluan, Goes To Campus; Vovasanggayu Election Week dan sejumlah agenda lainnya. (Irwan Fals)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close