Pertanian

Pemdes Mesakada Salurkan 23.000 Bibit

Kepala BPD Mesakada, Andarias saat memantau bibit Merica dan Bibit cengkeh yang akan dibagikan bagi masyarakat di desanya

MAMASA, mandarnews.com – Selain pembangunan infrastruktur jalan dan sejumlah fasilitas umum lainnya, Pemerintah Desa (Pemdes) Mesakada juga akan menyalurkan bibit tanaman cengkeh dan merica guna meningkatkan kesejahteraan petani.

Ketua BPD , Andarias saat dikonfirmasi disela-sela kesibukannya saat memantau bibit yang didatangkan ke Desa Mesakada, Kamis (20/12) menjelaskan, kendati Mesakada sudah mandiri dalam pangan yakni produksi padi namun peningkatan sektor perkebunan juga penting sehingga kesepakatan Pemdes Mesakada dan masyarakat untuk memprogramkan pembagian bibit tanaman untuk petani di desa.

Lanjutnya, karena kondisi alam Desa Mesakada, Kecamatan Tandukkalua Kabupaten Mamasa ini sangat menjanjikan untuk tanaman merica dan tanaman cengkeh maka 23.000 bibit didatangkan dari Bulukumba, dengan komposisi : Merica 75% dan Cengkeh 25%.

Ketua BPD juga mengungkapkan, tanaman tersebut akan dibagikan ke masyarakat yang ingin serius mengembangkan tanaman yang ada. Ada kata serius, sebab untuk apa ditanam jika tidak dirawat apalagi pembagian nantinya tentu akan dipaketkan dengan pembagian pupuk kandang guna merangsang kesuburan tanah.

Menurut perhitungan Andarias, dengan mengamati jumlah tanaman dan jarak tanam pada masing-masing tanaman maka diperkirakan akan menjangkau lebih dari 100 hektar lahan di Desa Mesakada.

Katanya, tanaman merica dipilih karena termasuk pada tanaman jangka menengah dimana masa produktif berbuah tidak terlalu lama hanya sekitar satu setengah tahun sedangkan tanaman cengkeh adalah tanaman jangka panjang yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Kepala BPD meminta masyarakat serius mengembangkan tanaman tersebut lebih tekun dan serius.

” Ini bukti keseriusan Pemerintah Desa dalam membangun masyarakat tani dan dapat dikatakan program ini hanya dilaksanakan Desa Mesakada se-Kabupaten Mamasa”, ujarnya.

Salah seorang warga Desa Mesakada, Eliazar menyatakan dengan adanya program pengembangan dua tanaman yang sangat potensial di Mesakada dinilai membantu petani dalam meningkatkan sumber pendapatan. Sebab jika tanaman tersebut berhasil maka akan sangat mendobrak kesejahteraan masyarakat tani.

“Saya berterimakasih terhadap jajaran pemerintah desa karena telah serius dalam membangun petani dan semoga kedepannya lebih ditingkatkan lagi,” kuncinya.

Reporter : Hapri Nelpan

Facebook Comments

Leave a Comment

Close