Kesehatan

Bangunan RS Nyaris Jadi Kumuh

Bekas bangunan RS Minake

Bekas bangunan RS Minake sekarang terbengkalai

MAMASA, mandarnews.com – Bekas bangunan Rumah Sakit (RS) Minake, Kecamatan Tandukkalua, Kabupaten Mamasa kini terbengkalai dan nyaris jadi kumuh.

Lurah Minake, Cahyani Oktavia saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (07/02) mengatakan, pihaknya juga berkerinduan agar bangunan tersebut kembali difungsikan.

Upaya mengalihfungsikan bangunan tersebut telah dilakukan namun terkendala tanah bangunan karena berstatus sengketa.

” Tanah tersebut berstatus sengketa dimana ada pendapat bahwa bukan milik Pemerintah Daerah (Pemda) atau pemerintah setempat melainkan tanah tersebut kini diklaim oleh dua pihak yakni Badan Pekerja Majelis Sinode Gereja Toraja Mamasa (BPMS-GTM) dan juga diklaim warga dengan mengatasnamakan rumpun keluarga,” ungkap Cahyani Oktavia.

Lebih jauh Cahyani menjelaskan, saat pihak BPMS melakukan pengukuran tanah ada pihak rumpun keluarga yang mencegah dengan membuat surat resmi kepada pihaknya untuk menolak pengukuran tersebut sehingga ia tidak menandatangani pengusulan sertifikat tanah itu.

Lurah Minake ini juga menerangkan, pihaknya tentu akan mengusahakan untuk menyelesaikan dan menindaklanjuti persoalan tersebut dengan meminta kedua belah pihak agar meyelesaikan persoalan tersebut ke tingkat pengadilan.

” Kemungkinan kedua pihak tersebut sementara memproses masalah itu ke pengadilan namun pihaknya juga akan meminta jika sudah ada pemilik tanah resmi yang disetujui oleh pengadilan agar meminta surat keterangan dari pihak pengelola aset daerah karena bangunan yang ada di atas tanah tersebut ialah bangunan Pemda,” imbuhnya.

Cahyani mengaku memiliki banyak rencana terhadap bangunan tersebut dimana dapat digunakan sebagai aula pertemuan kelurahan dan beberapa fasilitas di dalamnya dapat dimanfaatkan Puskesmas Malakbo seperti bangsal.

Lurah berharap, agar kedua belah pihak cepat menyelesaikan persoalan tersebut sehingga pemerintah setempat dapat memikirkan rencana yang lebih baik pada bangunan tersebut.

Jani, salah satu warga Minake, bangunan tersebut mempunyai banyak petak ruangan tetapi tidak terawat semenjak rumah sakit dipindahkan ke Balla. Bangunan RS itu kini tidak terawat dimana telah dipenuhi rumput dan belukar lainnya.

Jani berharap, bekas bangunan RS Minake bisa dialihfungsikan oleh pemerintah sehingga menjadi bangunan yang berguna untuk pelayanan masyarakat. (MG-2/Hapri Nelpan)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close