Laporan

Mengintip Program Bulanan PKK Desa Leppangan

PKK

Laporan : Haslan

Ketua TP PKK Desa Leppangan, Minarni Albi. memberi makanan tambahan bagi bayi dan balita usia 0 hingga 5 tahun

Terdapat beberapa program bulanan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Leppangan Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. Diantaranya, memberi makanan tambahan bagi bayi atau balita Usia 0 hingga 5 tahun.

Pemberian makanan tambahan ini dilakukan dengan cara menyambangi rumah ke rumah. TP PKK Desa Leppangan bekerjasama kader posyandu di masing-masing dusun.

Ketua TP PKK Desa Leppangan, Minarni Albi mendatangi rumah ke rumah untuk menyuplai makanan tambahan bagi bayi dan balita. Seperti terlihat Selasa sore (12/03/2019).

“Kami bersama-sama Kader posyandu door to door memberi makan tambahan kepada bayi dan balita usia 0 hingga 5 tahun,” jelas Minarni.

Menurut Minarni Albi, tujuan dari makanan tambahan tersebut sebagai salah satu cara untuk terhindar dari masalah stunting.

“Kami ingin tidak ada bayi atau balita yang mengalami masalah stunting, sehingga untuk mencegah itu, kami lakukan pemberian makanan bergizi tiap bulannya, seperti bubur kacang ijo atau makanan bergizi lainnya,” terang Minarni.

Adapun jumlah posyandu di Desa Leppangan ada dua yakni posyandu Bura’ Apas, saat ini memiliki 48 bayi dan balita sedangkan posyandu Bura’ Kemiri memiliki 35 bayi dan balita.

Selain pemberian makanan tambahan bayi dan balita masuk dalam salah satu program bulanan PKK Desa Leppangan, juga tergabung dalam Majelis taqlim.

Setiap bulannya melaksanakan pengajian dan siraman rohani di mesjid dan mushallah yang ada di Desa Leppangan.

“Kami setiap bulannya melakukan kegiatan keagamaan bersama-sama ibu-ibu Majelis Taqlim, di Desa Leppangan, dan setiap kegiatan kami mengundang Ustadz,” tutur Minarni.

Dan untuk memotivasi para anggota Majelis Taqlim, pemerintah Desa Leppangan juga menganggarkan pakaian seragam Majelis Taqlim.

“Di tanggal 28 Januari 2019, kami telah menganggarkan 100 pakaian seragam dan dibagi masing-masing 25 pakaian di tiap dusun, untuk ibu-ibu Majelis Taqlim, dimana Dusun tersebut yakni Dusun Leppangan, Leppangan Timur, Tomarese dan Tammeambe” Tutup Minarni.(*)

 

Facebook Comments

Leave a Comment

Close