News

Di Polman, Tiga Rumah Rusak Akibat Angin Kencang

angin kencang

Hamidang bersama Syamaiah menantunya sedang membersihkan rumahnya

Polewali, mandarnews.com- Sedikitnya tiga unit rumah di dua kecamatan di Polewali Mandar mengalami kerusakan saat angin kencang menerjang daerah ini, Kamis, (14/3/2019) dini hari tadi.

Dua unit rumah yang mengalami kerusakan tersebut terletak di Kelurahan Takatidung Kecamatan Polewali, sedangkan satu unit rumah lainnya beralamat di Desa Mirring Kecamatan Binuang.

Kondisi dapur rumah Muhammad Ali yang atapnya diterbangkan angin

Berdasarkan pantauan mandarnews.com di lokasi rumah yang rusak di Kelurahan Takatidung, atap rumah telah menghilang karena diterbangkan angin dan rangka rumah juga tidak dapat digunakan lagi.

Akibatnya, hampir keseluruhan lantai rumah panggung tersebut basah oleh air hujan yang datang kemudian. Penghuni rumah pun harus mengungsikan perabotan rumah ke tempat yang tidak terjangkau hujan.

Salah satu penghuni rumah bernama Syamsiah menceritakan, saat kejadian ia tengah tidur bersama keluarganya ketika angin kencang tiba-tiba datang dan menerbangkan atap kamar tidur rumahnya.

“Saya di sini sama suami, anak, dan mertua saat angin datang. Basah semua ini lantai karena setelah angin turun hujan,” ujar Syamsiah.

Rumah tersebut memang merupakan milik mertua Syamsiah yang bernama Hamidang, janda lanjut usia yang sehari-harinya hanya bekerja sebagai pembuat sapu lidi dari daun kelapa yang dikumpulkannya sendiri.

Kondisi rumah Hamidang pasca kejadian

Kasturi, anak Hamidang yang tinggal tidak jauh dari rumah tersebut menjelaskan, pihak Kelurahan Takatidung telah mengunjungi rumah ibunya pasca insiden itu.

“Ada tadi staf Kantor Lurah yang datang, katanya kenapa ini tidak dilaporkan. Kami tidak lapor karena nanti ada anggapan kejadian ini terlalu dilebih-lebihkan, tapi tadi kita sudah kasih fotokopi KK dan KTPnya mama sama staf itu,” kata Kasturi.

Tidak terlalu jauh dari rumah Hamidang, nasib serupa juga harus dialami oleh keluarga Muhammad Ali. Pasalnya, atap dapur rumah panggung mereka juga dihempas angin kencang.

“Subuh kejadiannya, kita langsung pindahkan barang-barang supaya tidak basah kena hujan,” sebut Muhammad Ali.

Kepala Seksi (Kasi) Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Polewali Mandar Bugiman yang dikonfirmasi saat mengunjungi lokasi rumah yang rusak menerangkan, tiga rumah yang rusak ini termasuk dalam kategori rusak ringan.

“Dua rumah di sini (Kelurahan Takatidung) sebagian atap dan rangkanya diterbangkan angin, sedangkan rumah di Mirring atap dapurnya yang mengalami kerusakan. Jadi, ini dikategorikan sebagai rusak ringan,” sebut Bugiman kepada awak media.

Setelah mendata kerusakan, BPBD Polewali Mandar selanjutnya akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Polewali Mandar untuk kebutuhan logistik, sedangkan untuk keperluan materiil, Bugiman menuturkan akan diusulkan ke bagian keuangan BPBD Polewali Mandar.

Reporter : Ilma Amelia

Facebook Comments

Leave a Comment

Close