News

Surat Suara di Majene Mulai Disortir

sortir surat suara

Penyortiran dan pelipatan surat suara di Gudang Logistik KPU Majene

Majene, mandarnews.com – (Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majene mulai melakukan sortir dan pelipatan surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Rabu (03/04/2019).

Proses penyortiran dan pelipatan yang berlangsung di Gudang Logistik KPU Majene, tepatnya di Pelabuhan Lingkungan Passarang Selatan, Kecamatan Banggae ini dijaga ketat oleh personel Kepolisian Resor (Polres) Majene.

Ruang pelipatan sangat tertutup. Tak satupun yang dibolehkan masuk kecuali petugas dan panitia pelipat. Media juga tidak diperbolehkan mengambil gambar proses pelipatan.

Sebelum pelipatan dimulai, 200 petugas pelipat sebelumnya diberikan arahan oleh KPU Majene. Pukul 09.50 WITA kardus yang berisi surat suara mulai dibuka kemudian langsung dilakukan penyortiran dan pelipatan. Sortir dan pelipatan surat suara akan berakhir pukul 17.00 WITA.

Ketua KPU Majene, Arsalin Aras menjelaskan, sortir dan pelipatan akan ditarget selesai dalam 4 hari kedepan. Setelah pelipatan rampung, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kabupaten Majene akan dilibatkan.

“PPK dan PPS akan memindahkan surat suara ke dalam kotak suara setelah pelipatan,” ujar Arsalin.

Untuk surat suara rusak ataupun cacat, Arsalin mengatakan, akan dipisahkan kemudian dibuatkan berita acara untuk dikirim ke KPU RI melalui KPU Provinsi Sulawesi Barat

Pimpinan Bawaslu Majene, Indriana Mustafa saat melakukan monitoring di lokasi menekankan, petugas pelipatan surat suara harus betul-betul bersih untuk meminimalkan potensi pelanggaran utamanya jumlah surat suara rusak.

“Petugas harus steril dan berhati-hati saat melipat suara suara,” kata Indri.

Hal ini untuk menghindari jumlah kerusakan dalam proses pelipatan, juga meminimalkan anggaran produksi surat suara.

Reporter: Misbah Sabaruddin

Editor : Ilma Amelia

Facebook Comments

Leave a Comment

Close