Polhukam

PAM TPS Dibagi Tiga Pola

konferensi pers tentang PAM TPS

Mamuju, mandarnews.com – Kepolisian Daerah (POLDA) Sulawesi Barat siap mengamankan pemilihan umum (Pemilu) 2019. Hal ini dijelaskan dalam konferensi pers di kantor Dirlantas Polda Sulbar Jalan Ahmad kirang Mamuju, Kamis (11/04) Pukul 16.15 wita.

Dalam keterangannya, Kapolda Sulbar, Brigjen Pol. Drs. Baharuddin Djafar, M.Si mengatakan, kesiapan pengamanan (PAM) pemilu serentak 2019 di enam kabupaten se Sulbar.

Dari total 3. 865 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di enam kabupaten di wilayah Polda Sulbar, pengamanan kepolisian daerah Sulbar membagi pola pengamanan mulai dari yang kurang rawan, rawan, dan sangat rawan.

Polda Sulbar mengerahkan 2809 personil Polri. Sedangkan dari pihak TNI 1207 personil yang tergabung dalam sinergitas pengamanan pemilu 2019.

Untuk bantuan di TPS Polda Sulbar juga berkoordinasi dengan LINMAS dan pengawas TPS dari Bawaslu.

“ Dari total 3865 TPS, Polri mengerahkan 2809 personil , TNI 1207. Jadi total dari sinergitas pengamanan pemilu antara TNI-POLRI adalah 4016 personil  belum termasuk 2 Linmas dan pengawas Bawaslu di tiap TPS,” tegas Kapolda Sulbar Baharuddin Djafar.

Dari jumlah TPS yang sangat rawan yakni 17 TPS akan dijaga dua personil kepolisian per TPS, untuk yang rawan satu personil 1 TPS, sedangkan yang kurang rawan, satu personil akan menjaga 4 sampai 8 TPS.

Kapolda Sulbar juga mengatakan, akan menambah jam pengamanan di TPS selama 12 jam, hinggal pukul 12.00 tanggal 18/04/2019 waktu setempat. Untuk memaksimalkan pengamanan.

Kapolda Sulbar menghimbau kepada RT/RW, Kepala dusun untuk mengajak warganya ramai-ramai ke TPS dan Kapolda juga menghimbau untuk tidak golput dikarenakan pihak kepolisian menjamin keamanan pengamanan Pemilu 2019.

Konferensi pers kali ini dihadiri Direktur Kriminal Umum Polda Sulbar, AKBP I Nyoman Artana serta Kabid Humas Polda Sulbar AKBP Hj. Mashura.

Kapolda Sulbar kemudian menutup konferensi pers ini dengan menyampaikan netralitas Polri dalam mengawal pemilu, serta menyampaikan do’a untuk keberlangsungan Pemilu 2019 yang aman, jujur, bebas, tertib, adil dan rahasia.(Sugiarto)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close