News

Kalah Dua Suara, AAS Gagal ke Senayan

Anwar Adnan Saleh (AAS)

Mamuju, mandarnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), telah merampungkan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suaraPemilihan Umum (Pemilu) 2019 tingkat provinsi di Hotel Srikandi, Mamuju, Jumat (10/5/2019).

Berdasarkan Model DB-1 Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) KPU Sulawesi Barat yang dibacakan dalam rapat pleno, mantan Gubernur Sulbar dua periode dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Anwar Adnan Saleh (AAS) dipastikan gagal ke Senayan.

Kegagalan AAS didahului oleh perebutan kursi secara dramatis antara AAS yang kalah tipis dengan selisih dua suara dari politisi baru separtainya, Ratih Megasari Singkarru di perolehan suara individu.

“Ratih meraih 30.946 suara, sementara AASmendapatkan 30,944 suara,” ujar Ketua KPU Sulbar, Rustang.

Sehingga, hampir dipastikan anak kedua politisi senior kelahiran Polewali Mandar, Hendra S Singkarru ini akan menjadi wakil Nasdem Sulbar di Senayan periode 2019-2024.

Selain Partai Nasdem yang mengantongi 93.943 suara, tiga partai politik yang dipastikan meloloskan kader ke Senayan adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Partai Demokrat.

Partai PDIP menjadi partai peraih suara terbanyak di Sulbar, dengan total perolehan 214.365 suara.

Secara otomatis, partai besutan Megawati Soekarno Putri ini meraih kursi pertama dari empat kuota kursi DPR RI Daerah Pemilihan Sulbar.

Calon legislatif (caleg) PDIP yang hampir pasti lolos ke Senayan mewakili rakyat Sulbar adalah H. Arwan Aras, putra Bupati Mamuju Tengah, H. Aras Tammauni dengan perolehan individu sebanyak 86.910 suara.

Kursi kedua diamankan oleh Partai Gerindra dengan total perolehan partai sebanyak 96.845 suara dan mendudukkan Ketua Tim Pembina Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sulbar,Hj. Andi Ruskati Ali Baal selaku caleg petahana menjadi wakil Gerindra di Senayan.

Posisi  keempat dipegang oleh Mantan Bupati Mamuju dua periode, H. Suhardi Duka dari Partai Demokrat yang mendapatkan 64.817 suara.

Sedangkan partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini meraih 83.499 suara. (Sugiarto)

 

Editor : Ilma Amelia

Facebook Comments

Leave a Comment

Close