News

Yayasan BIC Polman Gelar Pesantren Eksekutif

Seorang pemateri tengah memaparkan materinya di Pesantren Eksekutif Ramadan 2019

 Polewali, mandarnews.com – Ketika Ramadan, pelaksanaan pesantren kilat yang diikuti oleh anak-anak lazim ditemui.

Namun di Kabupaten Polewali Mandar (Polman), pesantren pada Bulan Ramadan tidak hanya diperuntukkan untuk anak-anak, tapi juga eksekutif.

Seperti yang dilakukan oleh Yayasan Bina Insan Cendekia yang menghelat Pesantren Eksekutif Ramadan 2019, Sabtu-Minggu (11-12/5/2019).

Bertempat di Aula Hotel Al-Ikhlas Pekkabata Polewali, kegiatan ini diikuti oleh peserta dari birokrat, pengusaha, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, mahasiswa, dan pengurus masjid di Polman.

Salah seorang panitia, Mukhlis Abu mengatakan, selain eksekutif, organisasi agama seperti Nahdhatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan tabligh juga ambil bagian.

“Kita berkumpul di sini untuk membicarakan permasalahan yang kerap ditemukan di masyarakat, khususnya politik dan ekonomi,” ujar Mukhlis.

Alauddin selaku Ketua Panitia menyebutkan, kegiatan ini dilandaskan pada kepedulian meskipun bukan berasal dari latar belakang pendidikan agama.

“Tujuan pesantren ini adalah untuk melahirkan orang-orang yang akan bergerak membina umat ke depannya,” ucap Alauddin.

Sebab itu, lanjutnya, sasarannya adalah orang-orang yang memiliki pengaruh di masyarakat agar lebih efektif.

Pelaksanaan Pesantren Eksekutif Ramadan 2019 ini merupakan yang kelima kalinya. Alauddin mengaku, respons masyarakat terhadap kegiatan ini semakin bagus dari tahun ke tahun.

“Alasannya, di sini kita tidak membahas perbedaan. Yang kita tekankan adalah bagaimana kita membangun kebersamaan antar umat Islam,” tutur Alauddin.

Ia menegaskan, memang ada perbedaan, tapi bukan untuk dibesar-besarkan. Pihaknya datang berusaha membawa solusi, bukan menjadi bagian dari masalah.

Seorang peserta bernama Juli menyampaikan, ia menemukan masih kurangnya pemahaman masyarakat mengenai fiqih.

“Melalui kegiatan ini, saya sarankan untuk mencari upaya agar ilmu fiqih sampai ke masyarakat. Sebab, meskipun banyak penyuluh agama, fenomena ini tetap terjadi,” tukas Juli.

Pesantren Eksekutif Ramadan 2019 ini menghadirkan beberapa pemateri mumpuni, seperti Dr. Abdul Qahar Zainal, Lc.,M Ed, Ez Muttaqien Yunus, M.Si, Ustads Mujahid, Lc.,MA, dan KH. Zainal Abidin, Lc.

Reporter : Ilma Amelia

Facebook Comments

Leave a Comment

Close