News

Lancar, Arus Balik di Danau Toba

Logo Kemenhub. Sumber foto: dephub.go.id

Jakarta, mandarnews.com – Pelayanan arus balik angkutan penyeberangan di Danau Toba dari Pelabuhan Simanindo, Tomok, dan Ambarita Pulau Samosir menuju ke ke Pelabuhan Ajibata dan Tigaras di Toba Samosir, dilaporkan berjalan dengan lancar.

Demikian disampaikan Staf Ahli Menteri Perhubungan (Menhub) Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi, Umar Aris, selaku Ketua Tim Pemantauan Transportasi Penyeberangan di Danau Toba.

“Secara visual keseluruhan penyeberangan pada Ahad (9/6/2019) relatif menurun, sehingga dipastikan bahwa puncak arus balik di penyeberangan kawasan Danau Toba sudah terjadi pada Sabtu (8/6/2019),” ujar Umar, Senin (10/6/2019).

Ia menjelaskan, arus balik angkutan penyeberangan di Danau Toba berasal dari Pulau Samosir dan sekitarnya, seperti di pelabuhan Simanindo di Pulau Samosir menuju ke Pelabuhan Tigaras yang pada hari Ahad melayani sebanyak 17 trip penyeberangan ke Danau Toba dari pagi hingga malam pukul 20.05 WIB.

“Kemudian dari Pelabuhan Ambarita di Pulau Samosir menuju ke Pelabuhan Ajibata melayani sebanyak 5 trip dari pagi hingga pukul 20.10 WIB,” kata Umar.

Sementara, lanjutnya, dari Pelabuhan Tomok di Pulau Samosir ke Pelabuhan Ajibata melayani sebanyak 9 trip dari pagi hingga pukul 20.45 WIB.

“Kami telah melakukan pengawasan untuk memastikan manifest penumpang sesuai, jumlah manifest tidak melebihi kapasitas yang ditentukan, mengecek kelengkapan surat atau buku pelaut nakhoda dan awak kapal, serta memastikan adanya alat-alat keselamatan seperti pelampung,” sebut Umar.

Selain itu, pihaknya juga memastikan operator kapal telah mematuhi aturan untuk tidak berlayar jika cuaca tidak bersahabat. (rilis Kemenhub)

Editor: Ilma Amelia

Leave a Comment

Close