News

Hasil Seleksi 81 Cakades Diumumkan Besok

Kasubag Bina Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Demmattayan.

Mamasa, mandarnews.com – Sebanyak 81 calon Kepala Desa (cakades) di Kabupaten Mamasa telah mengikuti seleksi dan hasilnya akan diumumkan pada Rabu (12/6/2019) besok.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Bina Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Demmattayan saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (11/6/2019) menerangkan, dari 33 desa yang mengikui Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Mamasa, 11 desa di antaranya mengikuti seleksi cakades yang melibatkan 81 orang peserta.

“Cakades terbanyak adalah Desa Taupe karena terdapat 12 calon dan yang paling sedikit yakni Desa Orobua Selatan sebab terdiri hanya dari dua calon,” ujar Demmattayan.

Seleksinya sendiri, kata Demmattayan, berupa ujian tertulis yang terdiri dari pilihan ganda dan essay yang menyangkut pemahaman tentang Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014.

“Setelah pengumuman yang lolos tes, maka akan disampaikan ke desa lalu dilakukan penetapan nomor urut cakades dan DPT,” sebut Demmattayan.

Ia berharap, proses Pilkades dapat berlangsung aman dan tertib sehingga kedewasaan dalam berdemokrasi benar-benar terwujud.

Merespons hal itu, cakades Desa Buntubuda, Armas, saat dikonfirmasi via telepon berpendapat, yang perlu menjadi perhatian bersama, terkhusus bagi semua cakades ialah bagaimana memberikan contoh dalam berkompetisi dengan baik tanpa ada money politik, serta menghindari isu-isu yang bisa merusak hubungan kekeluargaan di masyarakat.

Ia juga berharap, keluarga dan masyarakat  menentukan atau memilih pemimpin dengan melihat kualitasnya dan kemauan dalam membawa desa ke arah yang lebih baik.

“Karena dalam Pilkades rata-rata kita memiliki hubungan kekeluargaan, jadi mari berkompetisi dengan baik,” tutur Armas.

Sementara itu, cakades Taupe, Pampang Tiku mengungkapkan, ia sangat mengharapkan panitia seleksi  (pansel) independen dalam menjalankan tugasnya.

“Khusus cakades di Desa Taupe berencana untuk membuat kesepakatan bersama untuk menolak praktek money politic,” ujar Pampang.

Dari 17 kecamatan di Kabupaten Mamasa, 16 kecamatan yang mengikuti Pilkades adalah 1). Kecamatan Tabulahan, yaitu Desa Gandang Dewata, Desa Timoro, dan Desa Saluleang, 2). Kecamatan Aralle yang diikuti Desa Uhailanu, 3). Kecamatan Bumal yang diikuti Desa Salutambun dan Salu Rindu, 4). Kecamatan Mambi yang diikuti Desa Salu Maka’ , Desa Salubanua, dan Desa Pamoseang, 5). Kecamatan Bambang yang diikuti Desa Lembang Mokallang, 6). Kecamatan Rantim yang diikuti Desa Leko, 7). Kecamatan Mehalaan yang diikuti Desa Botteng dan Desa Mehalaan, 8). Kecamatan Tandukkalua yang diikuti Desa Parondo Bulawan, 9). Kecamatan Sumarorong yang diikuti Desa Tadisi dan Desa Sibanawa, 10). Kecamatan Messawa yang diikuti Desa Rippung, 11). Kecamatan Nosu yang diikuti Desa Masewe, Desa Parinding, dan Desa  Batupapan, 12). Kecamatan Pana’  yang diikuti Desa Manipi, Desa Ulusalu, dan Desa Datubaringan, 13). Kecamatan Tabang yang diikuti Desa Tadokalua dan Desa Masuppu, 14). Kecamatan Mamasa yang diikuti Desa Taupe, Desa Buntubuda, dan Desa Lambanan, 15). Kecamatan Sespa yang diikuti Desa Orubua Timur dan Desa Orobua Selatan, dan 16). Kecamatan Balla yang diikuti Desa Balla Barat dan Desa Balla. (Hapri Nelpan)

Editor: Ilma Amelia

Leave a Comment

Close