Sosial Ekobis

PT. Litquit Komindo Gas Sosialisasi Pakai Gas yang Aman

Litquit

Sosialisasi pemahaman tentang tabung gas elpiji di Desa Mesakada , Kecamatan Tandukkalua, Kab.Mamasa

Mamasa, mandarnews.com- PT. Litquit Komindo Gas menggelar sosialisasi di Desa Mesakada guna memberikan pemahaman ke masyarakat tentang keamanan tabung gas dan manfaat tabung gas pink 5,5 Kg.

Teknisi PT. Litquit Komindo Gas , Kasimin saat dikonfirmasi di kediaman Kepala Dusun Bussu, Desa Mesakada, Rabu (31/7) menyampaikan, kegiatan yang dilakukan untuk memberikan pemahaman ke masyarakat tentang cara servis kompor gas, keamanan dalam penggunaan gas dan manfaat tabung gas 5,5 kg.

“Hal ini kami lakukan agar masyarakat benar-benar memahami cara penggunaan kompor dan gas dan terhindar dari bahaya,” ujarnya.

Kasimin mengatakan, untuk keluarga yang memiliki 1 tabung 3 Kg dapat menukar 1 tabung Pink 5,5 Kg dengan menambah uang Rp172.000. Sedangkan jika memiliki 2 tabung gas 3 Kg maka dapat ditukarkan 1 tabung pink dengan tambahan biaya isi ulang saja sebesar Rp69.000 di Pangkalan Gas elpiji terdekat.

Program tabung pink, menurut Kasimin, bukan berupa paksaan.

Kasimin memberi membandingkan tabung pink dan tabung hijau. Dari segi kualitas, kata dia, ibarat Premium dan Pertalite.

Ia juga menjamin, tabung pink isinya tidak dapat dicurangi sebab memiliki segel. Jika tidak disegel disarankan jangan diambil saat menukar tabung gas elpiji 5,5 Kg.

Kasimin juga menuturkan, untuk mengantisipasi atau menjaga keamanan dari kebakaran pada penggunaan tabung gas maka saat kompor usai digunakan apinya dipadamkan. Bahkan, lanjutnya, pengunci regulator diputar ke samping guna mengantisipasi penumpukan gas dalam selang yang rentan mengalami kebocoran.

Dan yang tak kalah pentingnya, setiap mengganti gas, selang harus dibersihkan. Jika saat regulator dipasang kemudian tidak pas jangan ditindas batu namun karet pada tabung harus diganti.

Untuk keamanan pula disarankan menggunakan alat bantu pengamanan atau (Double Safety Sekring) sering juga disebut MCB. Alat itu dimasukkan pada ke dua mulut selang baik mulut yang menempel di regulator maupun yang yang masuk ke kompor. Harganya Rp350.000 non subsidi, jika subsidi harganya Rp 150.000 yang dapat di peroleh di SPBE ( Stasiun Pengisian Bulk Elpiji ) atau dapat dipesankan melalui pemerintah setempat.

Kepala Dusun Mesakada, Ayub menyampaikan terima kasih atas kehadiran PT. Litquit Komindo Gas yang sangat membantu masyarakat dalam pemahaman tentang penggunaan kompor dan tabung gas serta mengetahui cara servis terhadap kompor.

Yang paling disyukuri, kata Ayub, sosialisasi pengamanan tabung gas melalui penggunaan alat pengaman atau MCB semakin membantu keamanan tabung gas pada setiap rumah tangga. (Hapri Nelpan)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close