News

Polda Sulbar Siapkan Puluhan Hewan Qurban di Idul Adha 1440 H

Salah satu hewan qurban yang disiapkan Polda Sulbar di Idul Adha tahun ini

Mamuju, mandarnews.com – Sama seperti tahun sebelumnya, untuk menyambut hari raya Idul Adha atau Idul Qurban, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Barat (Sulbar) kembali menyiapkan puluhan hewan qurban.

Tahun ini, Polda Sulbar telah menyiapkan 24 hewan qurban berupa 23 ekor sapi dan seekor kambing. Sementara itu, jajaran Polda Sulbar juga tidak ketinggalan untuk berkurban, masing-masing Kepolisian Resor (Polres) juga telah menyiapkan belasan hewan qurbannya.

Kepala Polda Sulbar, Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Baharudin Djafar mengatakan, meskipun anjuran berkurban bukan dijatuhkan pada perintah wajib, namun ibadah ini sangat dianjurkan bagi orang yang mampu karena pahalanya yang sangat besar. Ditambah lagi Nabi Muhammad telah menganjurkan (sunnah muakkad) melalui kisah Nabi Ibrahim dan anaknya, Ismail.

“Hewan qurban yang telah disediakan ini juga telah disebar di beberapa tempat dengan tujuan, masyarakat lainnya juga bisa dapat bagian dari hewan qurban yang ada. Adapun beberapa tempat berkurban, yaitu Masjid Marmatunaja, Masjid Kelapa Tujuh, Kalubibing, Tumuki, Masjid Aisya Bambu, Pesantren Al Munawarra, dan beberapa tempat lainnya,” tutur Brigjen Pol Baharuddin Djafar.

Sementara Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Mashura membeberkan, kegiatan qurban ini adalah sebagai ungkapan rasa syukur dan peduli sekaligus menghidupkan sunnah Rasulullah.

“Insya Allah pembagian daging hewan Qurban ini akan diserahkan kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti kaum dhuafa, janda, anak yatim piatu, dan personel Polda golongan satu dan dua,” tukas AKBP Mashura.

Penyembelihan hewan qurban di Polda Sulbar sendiri dilaksanakan pukul 9 pagi setelah ibadah sholat Id. (Humas Polda Sulbar) (Sugiarto)

Editor: Ilma Amelia

Leave a Comment

Close