Polhukam

Tim Passaka Amankan Terduga Pelaku Terkait Kebakaran Pasar Topoyo

Udin (tengah), terduga pelaku pembakar motor yang menyebabkan pasar Topoyo ikut terbakar, sedang berada di Polres Majene setelah diamankan Tim Passaka dan sebelum dijemput Polres Mamuju

Majene. mandarnews.com – Kepolisian Resort (Polres) Majene berhasil mengamankan seorang yang diduga pelaku pembakaran motor yang diduga pemicu kebakaran hebat di kompleks pasar lama Topoyo di Mamuju Tengah yang terjadi Sabtu kemarin. Dalam waktu yang tidak terlalu lama Polisi berhasil menemukan dan mengamankan pelaku pada Minggu (1/9/2019) pukul 00.20 WITA.

Terduga pelaku merupakan warga dusun Karondongan Desa Tammerodo Kecamatan Tammerodo Sendana Majene berinisial Hsn alias Udin (44 tahun). Udin adalah seorang nelayan.

Kasat Reskrim Polres Majene AKP Pandu Arief Setiawan, SH, S.I.K menyebutkan, penangkapan itu berdasarkan hasil koordinasi dengan Direktorat Kriminal Umum Polda Sulawesi Barat dan Satuan Reskrim Polres Mamuju pada Sabtu (31/8/2019) sekitar pukul 21.00 WITA. Tim Passaka dari Polres Majene mendapatkan informasi bahwa terduga pelaku pembakaran motor yang diduga penyebab terjadinya kebakaran di kompleks pasar lama Topoyo di Mamuju Tengah berada di wilayah Majene.

Atas informasi itu Tim bergerak mengarah ke lokasi yang dicurigai tempat persembunyian pelaku di Kecamatan Tammerodo Sendana. Saat melakukan penggerebekan Tim Passaka menemukan terduga pelaku dan langsung diamankan.

“Tim melakukan interogasi dan yang bersangkutan mengakui telah melakukan pembakaran motor milik istrinya di depan rumahnya yang berada disamping kompleks pasar topoyo pada hari Sabtu (31/8) pukul 00.10 wita,” jelas Pandu usai melakukan penangkapan, Minggu (1/9/2019) dini hari.

Adapun motif pembakaran motor disebabkan karena kekesalan terhadap sang istri sebab tidak pernah mau mengangkat telepon tiap kali dihubungi oleh si Pelaku.

“Pelaku membakar motor istrinya dimana saat bensin disiramkan juga ada 2 motor lainnya yang sedang terparkir bersampingan,” tambah Kasat Reskrim Polres Majene ini.

Setelah melakukan pembakaran Udin langsung kabur menuju Majene. Dari hasil interogasi yang dilakukan Polres Majene kepada lelaki tersebut didapatkan juga bahwa pelaku sudah berencana akan kabur ke pulau Kalimantan. Diduga akibat akibat pembakaran sepeda motor tersebut penyebab terbakarnya beberapa rumah yang ada dikompleks pasar, termasuk juga puluhan lods, kios dan lapak pedagang.

Selanjutnya Tim Passaka Polres Majene membawa pelaku ke Polres Majene untuk diamankan dan berkoordinasi dengan Direktorat Kriminal Umum (Krimum) Kepolisian Daerah Sulawesi Barat  juga Satuan Reskrim Polres Majene untuk penjemputan guna proses lebih lanjut.

Menurut Kasat Reskrim Polres Majene, terduga Pelaku telah dijemput pihak Polres Mamuju sekitar pukul 04.00 wita dini hari untuk proses penyidikan lebih lanjut.

Reporter : Syarif

 

 

 

 

 

Leave a Comment

Close