Seni-Budaya-Pariwisata

Festival Karampuang Semarakan HUT Sulbar

Festival Karampuang

Penampilan peserta dari Kabupaten Mamasa

Mamuju, mandarnews.com – Festival Karampuang resmi dibuka Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar. Festival tersebut dilaksanakan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Sulbar ke 15 tahun.

Sebelumnya kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan underwater photography competition pada tanggal 14-15 September 2019 lalu.

Festival tersebut disemarakan dengan penampilan busana dari peserta tiap kabupaten se Sulawesi Barat (kecuali Pasangkayu).

Kegiatan yang berpusat di anjungan pantai Manakarra tersebut turut diramaikan sejumlah souvenir dari berbagai daerah seperti tenun sekomandi dari kalumpang dipajang dengan berbagai motif, kopi khas dari tanah Sulbar dan pakaian adat yang secara ekslusif ditampilkan para kontingen peserta festival.

Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Barat Farid Wajdi mengatakan, Fastival Karampuang 2019 sebagai ajang promosi wisata dan promosi produk-produk tradisional dari berbagai daerah di Sulbar.

“Selain penampilan sanggar dari seluruh kabupaten di Sulbar, di Festival Karampuang 2019 ini juga diramaikan puluhan stand pameran produk lokal atau tradisional dari Sulbar,” tuturnya.

Gubernur Sulbar l, Ali Baal Masdar mengatakan kegiatan ini untuk pertama kalinya di selenggarakan sebagai upaya memperkuat potensi sulawesi barat, ABM Juga berharap ke depan festival di Sulawesi Barat bisa lebih dikembangkan pengelolaannya.

“Ini pertama kali di laksanakan, semoga ke depan dapat ditingkatkan lagi, sehingga bisa menggali potensi Sulbar,” ujar mantan bupati polman, Senin (16/09/19).

Pembukaan festival karampuang juga turut dihadiri Wakil Gubernur Sulbar, Enny Angraeni Anwar dan sejumlah pejabat utama di Pemprov Sulbar.

Reporter : sugiarto

Facebook Comments

Leave a Comment

Close