News

Kejati Sulbar Condong ke Pencegahan, Akindo Menyoal

Merespons hal itu, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Anti Korupsi Indonesia (Akindo), Darman Ardi mengapresiasi pencegahan, namun ia mempertanyakan kasus yang sudah ada penetapan tersangka, apakah masih bisa tidak ditersangkakan.

“Kondisi tersebut memberikan peluang bagi pejabat melakukan penyalahgunaan wewenang sebab tidak akan terjadi apa-apa karena tetap dilakukan pencegahan,” kata Darman.

Ia menekankan, mestinya kewibawaan Kejati Sulbar untuk serius menindak segala bentuk pelanggaran hukum itu dirasakan di tiap daerah, seperti kasus pengadaan bibit kopi yang sudah ada penetapan tersangka namun hingga sekarang masih dipertanyakan.

Sementara Ketua Aliansi Wartawan Mamasa (Alwama), Andi  Waris Tala juga mempertanyakan niat Kejati Sulbar melakukan pencegahan jika telah ada yang ditetapkan jadi tersangka, seperti kasus pengadaan bibit kopi di Mamasa.

“Kehadiran Kejati Sulbar menjadi spirit bagi masyarakat dalam proses penindakan hukum, lalu bagaimana jika hal itu tidak sesuai harapan,” tutup Andi Waris. (Hapri Nelpan)

Editor: Ilma Amelia

Leave a Comment

Close