News

Siswa SMPN 4 Majene Terima Tumbler Gratis

Kepala Sekolah SMPN 4 Majene, Fatmawati Fahmi saat memberikan tumbler kepada siswa

Majene, mandarnews.com – Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Majene menerima tumbler (botol minum plastik) dari sekolah, Senin (13/1/2020).

Menurut Dra. Hj. Fatmawati Fahmi, MH. selaku Kepala Sekolah SMPN 4 Majene, pemberian tumbler kepada seluruh siswa bertujuan untuk mengurangi sampah plastik yang dihasilkan oleh minuman kemasan seperti Aqua gelas dan minuman sejenis lainnya.

“Sampah plastik bukan hanya isu lokal tetapi sudah mejadi isu dunia, makanya kita perlu cegah,” tutur Fatmawati.

Selain mengurangi sampah plastik, lanjutnya, pemberian tumbler juga merupakan bentuk implementasi SMPN 4 Majene sebagai sekolah Adiwiyata Nasional.

Fatmawati menjelaskan, dana yang digunakan untuk membeli tumbler adalah dana partisipasi dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah (Wakasek), guru-guru, dan staf, khususnya yang menerima sertifikasi.

“Kita memang menggratiskan kepada semua siswa. Meski gratis, kami sama sekali tidak mengambil dari dana BOS atau lainnya melainkan partisipasi dari kita semua, khususnya yang telah mendapatkan sertifikasi dan memang adalah inisiatif sekolah,” kata Fatmawati.

Ia menerangkan, SMPN 4 Majene yang merupakan sekolah Adiwiyata harus tahu bagaimana seharusnya pemilahan sampah, dan lain-lain yang menyangkut kebersihan dan kesehatan.

“Sekolah telah melarang penjualan minuman atau air kemasan di kantin sekolah sebagai salah satu bentuk implementasi Sekolah Adiwiyata dan hanya memperbolehkan menjual air galon yang digunakan siswa untuk mengisi tumblernya,” sebut Fatmawati.

Facebook Comments

Leave a Comment

Close