News

Wapres Terima Audiensi IK DMI

Audiensi Wapres dan IK DMI

Jakarta – Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin, menerima silaturahim dan audiensi Majelis Pimpinan Pusat (MPP) Ikatan Khatib (IK) Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Kantor Istana Wakil Presiden Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Wapres menekankan pentingnya peran khatib yang membawakan khutbah Jumat.

“Khutbah Jumat merupakan ibadah yang bersifat rukun, keharusan menentukan sah atau tidaknya kewajiban Shalat Jumat. Di samping itu,  khatib sangat berpengaruh terhadap jamaahnya dalam menyampaikan pesan keagamaan. Karenanya, bagaimana pesan dan isi khutbah benar-benar sesuai dengan syariah dan fikihnya,” ujar Wapres.

Ia menyampaikan, pentingnya kualitas setiap khatib yang mempunyai kompetensi di bidang keagamaan yang mumpuni dan mendalam, memiliki kefasihan dalam melafalkan dan memahami Al-Qur’an dan Assunnah, serta komitmen kebangsaan dan keumatan dengan membawa rahmat bagi semesta.

“Itulah pentingnya standar kualitas kompetensi yang akan memengaruhi keabsahan dan kekhusyukan ibadah, sekaligus manfaat dan kemaslahatannya bagi jamaah masjid dan lingkungannya,” kata Wapres.

Ia juga menjelaskan, potensi umat sangat besar untuk menjadi produsen yang produktif, bukan hanya menjadi konsumen terbesar, namun hasil dan keuntungannya dinikmati yang lain.

“Program industri halal, industri syariah, bisnis syariah, serta sejenisnya, termasuk e-commerce dan market place yang sudah menggunakan sistem syariah juga menunjukkan tingkat perubahan dinamis yang perlu disampaikan kepada umat melalui khutbah. Semangati umat untuk mampu beradaptasi dengan setiap perubahan yang terjadi,” sebut Wapres.

​Ia pun menaruh perhatian dan harapan agar peran khatib dapat membumi, memberikan wawasan, dan pencerahan kepada umat, serta menjadi penggerak perubahan menuju keadaan yang lebih baik.

“Ikatan Khatib DMI sangat diharapkan dapat berperan aktif memberikan pencerahan dan solusi di tengah umat,” ucap Wapres menekankan.

Facebook Comments

Leave a Comment

Close