Pendidikan

SMK Negeri 1 Majene Bekali Siswa Ilmu Jurnalistik

Siswa SMK Negeri 1 Majene yang menjadi peserta pelatihan jurnalistik berpose bersama pemateri seuasai mengikuti pelatihan, Jum’at 31 Januari 2020.

Majene, mandarnews.com – Kegiatan pelatihan Jurnalistik dan pengelolaan blog siswa berlangsung hari ini, Jum’at (31/2) di SMK Negeri 1 Majene.

“Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi komunikasi dan
Pembuatan blog sekolah. Saya harap anak-anakku peserta pelatihan agar fokus mengikuti materi
dan bertanya mengenai apa yang belum dimengerti. Dengan begitu nantinya akan dapat pengetahuan atau info yang bermanfaat,” kata Drs Sudarfiana MM, Kepala SMK Negeri 1 Majene ketika memberi pengarahan pembukaan pelatihan.

Selain kepala sekolah, hadir pula dalam pembukaan pelatihan jurnalistik, Wakasek Kesiswaan St. Nasrah, Staf TU Hadriani selaku MC, dan Sandi yang bertugas mendokumentaskan kegiatan.

Pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa.
Diharapkan pula dari hasil pelatihan ini bisa menghasilkan peserta didik yang memiliki kemampuan menulis berita dan menyumbangkan tulisannya di website sekolah.

Kegiatan ini berlangsung satu hari dengan pemateri dari praktisi media, Rizaldy dari media Mandarnews, dan Aswad dari Admin Website SMK Neg.1 Majene.

Dari kegiatan ini pula diharapkan siswa dapat menuangkan ide-ide dan gagasannya lewat tulisan di website sekolah.

Pelatihan dikemas dengan proses latihan langsung membuat artikel setelah 30 menit menerima pemaparan teori tentang berita dan teknik pembuatannya. Siswa diminta membuat berita singkat tentang beberapa peristiwa yang layak diberitakan di seputar sekolah.

Peserta dibagi ke dalam lima kelompok. Masing-masing kelompok diberikan tema berita yang perlu diangkat. Dan harus melakukan wawancara dengan sumber terkait.

Para siswa terlihat antusias ketika praktek menulis berita berlangsung. Mereka bergegas mencari narasumber sesuai tema yang diberikan. Ada yang menemui kepala sekolah, ada yang menemui para Wakasek bahkan panitia-panitia kegiatan yang sedang ada kegiatan di sekolah. Hasil tulisan mereka ditayangkan untuk dibedah bersama, dimana kira-kira tulisan yang perlu dikoreksi dan mana yang sudah bagus.

Hasilnya, terdapat lima artikel yang bisa tayang di website SMK negeri 1 Majene, https://eks.smkn1majene.sch.id/blog.

Peserta yang mengikuti kegiatan mengaku senang atas inisiatif sekolah mengadakan kegiatan pelatihan ini, karena bisa menambah wawasan baru tentang dunia jurnalistik.

Seorang peserta, Faikah Reskiyana dari kelas XI tata Busana mengaku bercita-cita jadi jurnalis. Ia sangat mengidolakan Mbak Nana (Najwa Shihab). Ia mengaku sangat bersyukur diizinkan mengikuti kegiatan ini.

Pantauan Mandarnews, terlihat memang siswa yang satu ini paling aktif selama pelatihan berlangsung. (zukhrinab)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close