News

Ini Tanggapan Kemenkes Soal WN China Positif Corona Usai dari Bali

Telekonferensi Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, dr. Achmad Yurianto. Sumber foto: kemkes.go.id

 Jakarta – Warga Negara (WN) China atas nama Jin positif Covid-19 usai dari Bali. Sebelumnya, pada tanggal 12 Januari 2020, Jin diinformasikan datang ke Indonesia melalui penerbangan Wuhan-Bali, kemudian pada tanggal 28 Januari 2020 kembali ke negaranya melalui penerbangan Bali-Shanghai menggunakan maskapai Garuda.

Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr. Achmad Yurianto menyampaikan, pihaknya sudah menindaklanjuti informasi ini dengan mengonfirmasi maskapai Garuda. Informasi yang didapat ada dua orang penumpang bernama Jin, anak-anak dan dewasa.

”Kita mencoba melihat perhimpunan waktu, kalau seandainya tanggal 5 Februari (WN China) confirm positif Covid-19 artinya dia melewati masa inkubasi. Kami melihat data dari China menjadi positif itu ternyata di hari ke-10. Artinya, kalau kita hitung mundur dari tanggal 5 mundur 10 hari itu ketemunya sekitar tanggal 27 atau 28,” ujar dr. Yuri di Natuna saat telekonferensi dengan pers di Jakarta, Kamis (13/2/2020).

dr. Yuri menjelaskan, tanggal 27 Januari WN China tersebut ada di Indonesia. Pihaknya juga mencoba melakukan kajian analisis data di Bali melalui spesimen.

“Hingga tanggal 27 Januari ada 14 spesimen pemeriksaan virus dari Bali yang terdiri dari 2 orang WNI dan 12 orang bukan WNI dan semua hasilnya negatif,” kata dr. Yuri.

Tak hanya itu, lanjutnya, Kemenkes juga melakukan pelacakan melalui data Sentinel Influenza Like Illness (ILI). Ternyata pada periode itu tidak ada perubahan angka, tidak ada fluktuasi yang lebih tinggi.

Facebook Comments

Leave a Comment

Close