News

335 APD Tiba di Sulbar

APD

APD tiba di gudang Dinkes Sulbar, Kamis 26 Maret 2020. Foto: Sugiarto

Mamuju, mandarnews.com – Sebanyak 335 Paket Alat Pelindung Diri (APD) pesanan Dinas Kesehatan (Dinkes) provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) tiba. Serah terima dilakukan pada Kamis (26/3).

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sulbar, dr. Alief Satria Lamuddin menyatakan sebanyak 178 Alat Pelindung Diri (APD) akan didistribusikan ke seluruh Rumah Sakit di Sulawesi Barat.

“Sementara ini paket APD sedang didistribusikan ke seluruh rumah sakit di Sulbar. Sebanyak 335 pieces APD yang asalnya dari Direktorat Oblik Kemenkes pengadaan Dinkes Sulbar tahun anggaran 2020, serta program soonozis,” Kata dr Alief.

Rumah Sakit (RS) Regional Sulbar sebagai Rumah Sakit Rujukan PDP akan menerima sebanyak 116 APD, sedang RSUD Kabupaten masing-masing disesuaikan dengan jumlah ODP.

“Untuk RSUD Mamuju sebanyak 10 APD, Majene 5 APD, Mamasa 5 APD, Polman 15 APD, Mamuju Tengah 5 APD, serta Pasangkayu 15 pieces APD,” beber dr Alif.

Dari seluruh pembagian itu ada tersisa 157 APD yang akan menjadi cadangan Pihak Dinas Kesehatan Sulbar. Cadangan itu akan distribusikan jika keadaan mendesak mengikut jumlah kasus di RS yang membutuhkan.

Saat ini alokasi dana yang disiapkan Dinas Kesehatan Sulbar sebanyak Rp1,8 milliar dan akan di lakukan penyesuaian sesuai dengan perkembangan kasus yang ada di Sulbar.

“Anggaran akan terus mengalami pergeseran sesuai dengan perkembangan kasus yang kita hadapi, untuk saat ini belum ada perkiraan yang bisa dipastikan,” pungkasnya.

Sebagai RS Rujukan, direktur RS Regional Sulbar, dr Indahwati menyebut saat ini paket APD yang ideal untuk satu pasien dengan vonis PDP adalah 10 pcs. Sehingga pihak RS Regional mengaku saat ini menunggu bantuan APD dari Kemenkes RI.

“Untuk saat ini sesuai pengumuman Kemenkes Akan ada Pengiriman 2000 APD ke RS Rujukan yang ada di luar pulau Jawa,” tutur dr. Indah

Reporter : Sugiarto

Facebook Comments

Leave a Comment

Close
%d bloggers like this: