News

BLK Majene Mampu Produksi Masker 200 – 300 Lembar Perhari

masker blk

Proses pembuatan masker di BLK Kab. Majene, Kamis, 26 Maret 2020. foto : Putra

Majene, mandarnews.com – Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Majene mampu memproduksi masker  200 – 300 lembar perhari. Hal itu disampaikan Kepala BLK Kabupaten Majene, Asmuddin Kadir ST, MT, melalui telepon Kamis 26/3).

Memproduksi masker 300 lembar perhari dapat dilakukan jika para pekerja hadir semua. Sementara, jika biasanya para pekerja tidak lengkap hadir, maka biasanya hanya mampu memproduksi sekitar 200 lembar.

“Kami memberdayakan para relawan alumni pelatihan, instruktur dan staf. Jadi semua tenaga yang ada di BLK kami juga libatkan,” terang Asmuddin.

Asmuddin kadir menjelaskan, semua alat yang digunakan dalam pembuatan masker adalah sebagian alat yang tersedia di BLK seperti mesin jahit, mesin obras dan lain sebagainya serta sebagian yang lain adalah alat pribadi yang dibawa oleh pekerja.

“Jadi kami di BLK sebenarnya ada dua program yang dijalankan dalam pembuatan masker. Pertama program pembuatan masker karena menindaklanjuti himbauan Kementrian ketenagakerjaaan. Kedua, program pembuatan masker yang bekerja sama dengan PMI Kab. Majene dan produksinya untuk PMI juga,” jelas Asmuddin.

Bahan pembuatan masker untuk program pertama menggunakan bahan yang sudah tersedia memang di BLK.

“Jadi kami membuat masker sebenarnya tidak ada biaya khusus karena kami menggunakan bahan yang memang sudah ada. Makanya, kami hanya mampu memproduksi khusus dari BLK itu sekitar 1000 saja. Karena kita sesuaikan bahan yang tersedia. Dan sifatnya himbauan dari Kementrian pun mengatakan bahwa disesuaikan tergantung dengan sumber daya BLK masing-masing,” sebutnya.

Sementara untuk program kedua, kata Asmuddin, anggaran yang digunakan adalah anggaran dari PMI.

“Jadi kami yang diberdayakan. Untuk biaya bahan itu mereka menganggarkan. Dan untuk pembelian bahan pembuatan masker untuk mereka itu, dari mereka itu sudah ada sekitar dua jutaan, itu baru biaya pembelian bahan, belum untuk upah teman – teman para pekerja karena kami tidak hanya mempekerjakan,” katanya.

Asmuddin mengatakan, saat ini BLK Kabupaten Majene sudah memproduksi 1200 masker dalam tempo hanya beberapa hari. Sedangkan target yang harus diproduksi adalah sekitar 2000an.

“Jadi kami menarget 2000 lembar masker. 1000 unit masker untuk BLK dan kami akan serahkan kepada Tim Gugus Tugas Kab. Majene, secara cuma – cuma. Sementara 1000 unit masker untuk PMI sesuai dengan pasanannya,” jelasnya.

Menurutnya, untuk masker yang sudah tersedia khusus untuk BLK yang nantinya akan diberikan kepada Tim Gugus tugas (TGT) penanggulangan penyebaran covid-19 adalah sudah 500 unit. Sementara masker yang tersedia untuk PMI sudah 700 unit.

Jika produksi sudah sampai target, hasil untuk program pertama akan langsung diserahkan kepada TGT. Terkait dengan distribusinya itu sudah menjadi urusan dari TGT. Sementara untuk masker dari PMI, akan diambil langsung oleh PMI setelah sudah cukup pesanannya.

Bahan Masker BLK Tak Bisa Nahan Virus

Facebook Comments

Leave a Comment

Close
%d bloggers like this: