News

Kodim 1401 Lakukan Penyemprotan Desinfektan

kodim 1401 Majene, penyemprotan desinfektan

Penyemprotan desinfektan di Makodim 1401 Majene, Kamis 26 Maret 2020. Foto: Putra

Majene, mandarnews.com – Menindaklanjuti intruksi dari Panglima TNI untuk melakukan penyemprotan massal, Kodim 1401 Majene dibantu Tim Gugus Tugas Penanganan Covid – 19 Kab. Majene dan Forkopimda kembali melakukan penyemprotan desinfektan.

Setelah dibeberapa hari sebelumnya juga telah melakukan penyemprotan di sejumlah instansi dan fasilitas umum yang ada di Kab. Majene. Kali ini, penyemprotan dilakukan di tujuh titik yaitu Markas Kodim (Mako) 1401 Majene, Universitas Unsulbar, Universitas Terbuka, Mako Polres, Asrama Polres, Asrama Kodim dan Pelabuhan Passarang.

Menurut Dandim 1401 Kab. Majene Letkol Inf Yudi Rombe, ST, MSi, kegiatan tersebut sesuai dengan intruksi dari panglima TNI yaitu melaksanakan penyemprotan massal untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Penyemprotan dilaksanakan hari ini, Kamis (26/3) hingga Minggu (29/3).

Letkol Inf Yudi Rombe mengatakan, melalui intruksi Panglima TNI penyemprotan dilaksanakan di seluruh Indonesia, termasuk desa-desa malalui Koramil.

“Jadi tujuan penyemprotan inikan untuk memotong mata rantai penyebaran virus corona. Jadi selain penyemprotan, kami di Kodim 1401 juga telah melaksanakan sosial distancing (jaga jarak), PHBS dan membatasi jam kerja sesuai intruksi,” jelas Letkol Yudi Rombe.

Kodim 1401 juga telah melalukan sosialisasi bersama stake holder terkait, kepada masyarakat sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan Bupati Majene.

“Sesuai isi surat edaran Bupati Majene kami melaksanakannya sejak hari awal dikeluarkannya surat edaran tersebut. Kami juga terus mengarahkan personil agar terus melakukan sosialisasi terkait ansisipasi penyebaran virus corona ini. Begitupun di desa-desa kami intruksikan Koramil,” terangnya.

Penyemprotan desinfektan di Mako Kodim telah dilakukan beberapa kali. Termasuk kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim Gugus Tugas dari Pemda. Selain itu, penyediaan tempat cuci tangan juga telah disiapkan di Mako Kodim 1401 Majene. Dan juga akan melakukan penyemprotan terhadap kendaraan dinas. Penyemprotan kali ini menggunakan sekitar 10 alat semprot. Bahannya didukung dari Dinas Kesehatan Kab Majene.

Ia berharap, dengan dilaksanakannya penyemprotan desinfektan dengan mengesterilkan area dan memberikan sosialisasi secara terus-terusan masyarakat Majene tetap aman, tak satupun ada yang masuk dalam kategori positif.

Ia juga berharap partisipasi masyarakat semakin meningkat dalam hal melakukan pencegahan penyebaran virus corona.

Untuk penyemprotan selanjutnya, Kodim 1401 Kab. Majene akan melihat titik – titik keramaian yang akan menjadi target penyemprotan.

Sementara itu Kapolres Majene, AKBP Irawan Banuaji, SIK, MSi, Yang juga berada dilokasi menambahkan, sesuai dengan undangan dari Dandim 1401 Majene pihaknya menerjunkan satu pleton atau sekitar 30 personil dari Polres Majene untuk bersama-sama melakukan pencegahan penyebaran virus corona.

Ia juga mengaku terus berkoordinasi dengan Dinkes, BPBD dan instansi terkait untuk memantau bagaimana perkembangan di Kab. Majene. Termasuk juga mencegah jika ada pihak-pihak tertentu yang kemungkinan justru akan membuat suasana menjadi keruh atau tambah panik. Seperti melalui pemberitaan di media sosial yang kadang tidak mengecek dulu fakta atau kebenaran dan tidak memikirkan efek kedepan dan main share saja.

Ia menambahkan, penyemprotan di Mako Polres juga sudah beberapa kali dilaksanakan. Namun untuk area asrama Polres Majene belum dijangkau karena bahannya terbatas. Sehingga kedepan akan difokuskan di asrama. (Putra)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close
%d bloggers like this: