News

Ketua IPEKB Mamasa Ajak PUS Ikut Pelayanan Sejuta Akseptor

Ketua Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana Kab.Mamasa, Deppabala, S.Pd. Foto: Yoris Rijan

Mamasa, mandarnews.com – Jelang peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) tepatnya tanggal 29 Juni 2020, Pemerintah Pusat telah menyiapkan program Satu Juta Akseptor.

Lewat program tersebut ketua IPEKB (Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana) Mamasa, Deppabala S.Pd menyampaikan, sebagai petugas KB mengajak masyarakat khususnya PUS (Pasangan Usia Subur) agar Berpartisipasi atau ikut serta dalam kegiatan pelayanan sejuta akseptor pada tanggal 29 bulan Juni.

Deppabala juga mengatakan, salah satu manfaat mengikuti program keluarga berencana seperti dari mengonsumsi pil kontrasepsi kerena dapat mencegah terjadinya kanker uterus dan ovarium, serta menunjang perencanaan kehamilan yang aman dan sehat, juga merupakan faktor penting dalam menurunkan angka kematian maternal (kematian ibu hamil sewaktu hamil atau melahirkan atau pada masa 42 hari sesudah melahirkan).
Saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (25/6), Deppabala menjelaskan, sesungguhnya program ini diperuntukkan pada Pasangan Usia Subur (PUS) yaitu orang yang sudah menikah atau umur 49 tahun ke bawah.

Ia menjelaskan, akseptor KB adalah anggota masyarakat yang mengikuti gerakan KB dengan melaksanakan penggunaan alat kontrasepsi.

Akseptor KB menurut sasarannya terbagi menjadi tiga fase yaitu fase menunda atau mencegah kehamilan, fase penjarangan kehamilan dan fase
menghentikan atau mengakhiri kehamilan atau kesuburan.

“Dalam program sejuta akseptor ini, Kabupaten Mamasa akan melayani 777 akseptor yang terbagi di setiap kecamatan yang ada di Mamasa khusus pada pasangan usia subur,” ungkap Deppabala.

Agar tidak terjadi kerumunan saat pelayanan berjalan pada tanggal 29 nantinya, PLKB atau Petugas Lapangan akan mengatur metode pembagian di setiap kecamatan pada tiap FasKes (Fasilitas Kesehatan) yang didatangi masyarakat.

“Jadi lewat kesempatan ini sekali lagi selaku ketua IPEKB kabupaten Mamasa, mengajak kepada seluruh PUS agar sadar dan mau ikut dalam program ini yang dilaksanakan pada tanggal 29 bulan ini, karena demi untuk keselamatan dan kesehatan kita sendiri,” tutup Deppabala. (Yoris)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close
%d bloggers like this: