News

Majene Zona Hijau Bersama 38 Kabupaten Kota se Indonesia

Majene, mandarnews.com – Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (TGTPP C-19) Kabupaten Majene, Sirajuddin menginformasikan bahwa Kabupaten Majene saat ini sudah ditetapkan masuk dalam Zona Hijau atau sudah tidak ada lagi kasus covid-19.

“Jadi, dari data Tim Gugus Tugas Nasional itu sudah menetapkan bahwa Kab. Majene sudah masuk dalam Zona Hijau,” jelas Sirajuddin, melalui sambungan telpon. Kamis, 25 Juni 2020.

Menurut Sirajuddin, Kab. Majene ditetapkan oleh Tim Gugus Tugas Nasional menjadi Zona Hijau setelah selama 4 Minggu tidak ada penambahan kasus baru.

Dari data Tim Gugus Tugas Nasional, untuk wilayah Sulbar, Kabupaten Majene, ikut bersama Kab. Mamuju Utara masuk dalam Zona Hijau. Dan Total Kota atau Kabupaten yang masuk dalam menjadi Zona Hijau adalah sebanyak 38 Kota atau Kabupaten.

Sirajuddin berharap, dengan ditetapkannya Kab. Majene menjadi Zona Hijau, masyarakat Kab. Majene tidak pernah lengah atau melupakan yang namanya protokol kesehatan.

“Jadi demi mempertahankan keamanan kesehatan daerah kita, kami minta agar masyarakat tetap menjalankan prtokol-protokol kesehatan saat beraktivitas dan tetap untuk di rumah jika tidak ada keperluan yang begitu penting,” serunya.

Sirajuddin menginformasikan, saat ini pasien yang masuk dalam OTG, ODP, dan terkonfirmasi positif sudah tidak ada. Dan pasien yang masuk dalam status PDP hanya tinggal 1 orang.

“Jadi, kami sangat meminta agar masyarakat tetap menjalankan protokol-protokol kesehatan, sehingga zona ini dapat bertahan dan tidak ada data baru lagi. Ingat, kondisi daerah dipengaruhi tingkat kepatuhan masyarakat, sehingga masyarakat sangat berperang penting menjadi penentu status kita,” tutup Sirajuddin.

Zona hijau ada dua kategori, yaitu pertama, tidak terdampak atau daerah yang tidak tercatat kasus COVID-19, kedua adalah pernah terdapat kasus namun selama 4 minggu kasus tersebut sudah tidak ada dan terjadi kesembuhan 100%. Majene bersama 38 kabupaten/kota masuk dalam kategori kedua.

Berikut 38 daerah di beberapa provinsi yang telah mampu meredam COVID-19 untuk menjadi kabupaten kota zona hijau, ahulunya adalah dari zona oranye atau kuning yang mampu untuk berubah menjadi hijau karena selama 4 minggu tidak ada penambahan kasus baru:

Provinsi Aceh (Aceh Barat Daya, Pidie, Simeulue, Gayo Lues, Bener Meriah)
Provinsi Sumatera Utara (Toba Samosir, Labuhanbatu)
Provinsi Sumatera Barat (Kota Padang Panjang, Kota Pariaman, dan Kota Solok)
Provinsi Riau (Indragiri Hulu, Pelalawan, Rokan Hulu, Siak, Kota Dumai, dan Kampar)
Provinsi Kepulauan Riau (Karimun)
Provinsi Jambi (Bungo Tebo)
Provinsi Bengkulu (Mukomuko dan Seluma)
Provinsi Lampung (Tulang Bawang, Pringsewu, dan Tulang Bawang Barat)
DKI Jakarta (Kepulauan Seribu)
Provinsi Jawa Tengah (Wonogiri dan Pekalongan)
Provinsi NTB (Kota Bima)
Provinsi Sulawesi Tenggara (Muna Barat)
Provinsi Sulawesi Tengah (Banggai Kepulauan)
Provinsi Sulawesi Selatan (Kota Palopo)
Provinsi Sulawesi Barat (Mamuju Utara dan Majene)
Provinsi Maluku (Pulau Taliabu).
Provinsi Maluku Utara (Buru Selatan)
Provinsi Papua (Mamberamo Tengah)
Provinsi Papua Barat (Teluk Wondama dan Manokwari Selatan)

Sementara terdapat 74 wilayah administrasi kabupaten dan kota dengan kategori belum pernah atau tidak ada kasus positif. Berikut ini 74 wilayah kabupaten dan kota yang berada pada kateogri wilayah belum pernah atau tidak ada kasus positif COVID-19.

Provinsi Aceh (Pidie Jaya, Kota Sabang, Kota Langsa, Aceh Singkil, Bireuen, Aceh Jaya, Nagan Raya, Aceh Tenggara, Aceh Tengah, Aceh Barat, Aceh Timur dan Kota Subulussalam).

Provinsi Sumatera Utara (Pakpak Bharat, Samosir, Nias Barat, Mandailing Natal, Padang Lawas, Nias, Labuhanbatu Selatan, Kota Sibolga, Nias Utara, Tapanuli Selatan, Humbang Hasundutan dan Nias Selatan).

Provinsi Riau (Rokan Hilir). Provinsi Kepulauan Riau (Natuna, Lingga, Kepulauan Anambas). Provinsi Jambi (Kerinci). Provinsi Bengkulu (Lebong). Provinsi Lampung (Lampung Timur dan Mesuji). Provinsi Kalimantan Timur (Mahakam Ulu)

Provinsi Sulawesi Tengah (Tojo Una-una. Provinsi Sulawesi Utara, Bolaang Mongondow Timur dan Kepulauan Siau Tagulandang Biaro). Provinsi Sulawesi Tenggara (Konawe Kepulauan).

Provinsi Nusa Tenggara Timur (Sumba Tengah, Ngada, Sabu Raijua, Sumba Barat, Lembata, Malaka, Alor, Timor Tengah Utara, Rote Ndao, Manggarai Timur, Kupang, Timor Tengah Selatan dan Belu). Provinsi Maluku (Kota Tual, Maluku Tenggara Barat, Maluku Tenggara, dan Kepulauan Aru).

Provinsi Papua (Yahukimo, Mappi, Dogiyai, Paniai, Tolikara, Yalimo, Deiyai, Puncak Jaya, Mamberamo Raya, Nduga, Pegunungan Bintang, Asmat, Supiori Lanny Jaya, Puncak, dan Intan Jaya). Provinsi Papua Barat (Maybrat, Pegunungan Arfak, Tambrauw, dan Sorong Selatan).

Kabupaten kota yang masuk zona hijau kategori yang memang belum pernah ada kasus covid-19 sebanyak 74, sedangkan yang berhasil meredam persebaran covid-19 hingga nol kasus hingga 4 minggu ada sebanyak 38 kabupaten kota. Sehingga total yang masuk kategori zona hijau di seluruh Indonesia sebanyak 112 kabupaten kota.

(Putra)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close
%d bloggers like this: