News

Hasil Rapid Tes PPDP Majene Tak Ada Reaktif

rapid test

Seorang anggota PPDP sedang menjalani rapid test. Foto: Putra

Majene, mandarnews.com – Tes cepat (rapid test/RDT) terhadap Petugas Pemutkhiran Data Pemilih (PPDP) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 telah rampung.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majene, dr. Rahmat, laporan hasil pemeriksaan PPDP sudah diterima dan hasilnya tak ada yang reaktif.

“Jadi kami baru menerima laporan, semua PPDP yang hadir di rapid tes itu hasilnya tidak ada yang reaktif,” jelasnya melalui telpon, Jumat (10/7).

Meski demikian, kata dr Rahmat, ada anggota PPDP sebanyak 4 orang, asal Kec. Ulumanda tidak mengikuti rapid tes, karena alasan takut.

“Ada laporan, 4 orang PPDP asal Kec. Ulumanda yang tidak menghadiri rapid tes karena dimungkinkan takut. Kami tidak tahu bagaimana pastinya dan kebijakan dari KPU, yang jelasnya itu laporan yang kami terima,” tutupnya.

Hal berbeda disampaikan Anggota KPU Majene, Munawir Ridwan, ST. MT selaku Koordinasi Wilayah (Korwil) Kec. Ulumanda.

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Majene tersebut menyampaikan, membenarkan adanya beberapa kendala di Kec. Ulumanda, tapi semua  PPDP saat ini hasilnya sudah ada semua, dan tidak ada yang reaktif.

“Jadi ada memang PPDP yang tidak hadir untuk di RDT di Kec. Ulumanda, tapi semua itu sudah kami tangani. Pertama, ada PPDP yang sakit, kami sudah ganti juga. Kedua, dua orang tidak hadiri tes, karena memang berdomisili di bagian gunung dan kendala di lapangan memang hujan tidak berhenti, tapi keduanya juga sudah ada penggantinya. Dan terakhir, satu PPDP ini tidak mau di RDT, sehingga kami juga sudah ada penggantinya,” jelas Munawir.

Munawir menekankan, hingga saat ini 4 orang tersebut sudah ada penggantinya, dan hasil RDT pengganti PPDP tersebut juga tak ada yang reaktif.

“Intinya di sini, kami melakukan penggantian PPDP bukan karena ada hasil yang reaktif, tapi memang mereka tidak bisa mengikuti tes,” tutup Munawir.

Sementara Ketua KPU Arsalin Aras, SH mengaku kecewa dengan sikap Kepala Dinkes Majene, yang tidak tahu update perkembangan berita hasil RDT dari  PPDP.

“Harusnya ini terjalin koordinasi yang baik dengan pihak kesehatan. Bayangkan zaman canggih seperti ini masih sering terjadi birokrasi. Untungnya bapak mengonfirmasi kepada kami lebih awal, sehingga tidak ada pemberitaan yang salah lagi,” ucap Arsalin, juga melalui telpon.

Divisi Keuangan, Umum, Logistik dan Rumah Tangga KPU Majene tersebut juga menyebutkan, besok semua PPDP se Kab. Majene akan dibimtek, dan akan digelar di kantor desa atau kelurahan masing-masing.

“Intinya kami berharap, ke depan PPDP semua sehat terus dan mampu menjalankan tugas masing dengan baik dan penuh tanggung jawab,” tutupnya. (Putra)

 

Facebook Comments

Leave a Comment

Close