Seni-Budaya-Pariwisata

Pengunjung Pantai Datoq Abai Protokol Kesehatan

Pantai Datoq

Suasana pengunjung Pantai Datoq, Minggu 2 Agustus 2020

Majene, mandarnews.com – Seperti biasanya, saat momen lebaran Pantai Datoq yang belokasi di Majene, Sulawesi Barat selalu padat pengunjung. Hal tersebut juga terjadi saat ini. Meskipun pandemi Covid – 19 masih berlangsung. Namun karena momen lebaran, Pantai Datoq kembali ramai pengunjung, akan tetapi masih banyak yang abai terhadap protokol kesehatan.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh salah satu petugas retribusi Pantai Datoq, Sry Raodiah, Minggu (2/8). Menurutnya, masih banyak pengunjung yang susah diatur untuk mengikuti protokol kesehatan.

“Jangankan anjuran pakai masker pak, pengecekan suhu tubuh saja masih ada yang enggan dicek,” kata Sry.

Sry mengaku pihaknya juga tidak bisa memaksakan  pengunjung agar mematuhi protokol kesehatan jika hanya akan menimbulkan konflik.

“Kami juga tidak bisa memaksakan, takutnya menjadi sebuah masalah,” katanya.

Sry menjelaskan, meskipun sebagian pengunjung masih ada beberapa abai protokol kesehatan tapi ada juga pengunjung yang patuh terhadap protokol kesehatan.

” Alhamdulillah meskipun sebagian pengunjung abai, tapi ada juga yang patuh seperti memakai masker dan jaga jarak,” tukas Sry.

Ia juga menyampaikan, jika pihaknya juga secara terus menerus memberikan edukasi dan sosialiasi kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan, seperti jaga jarak dan utamanya memakai masker.

” Susah karena pola pikir orang berbeda – beda, bahkan terkadang kami juga biasa mendapati pengunjung yang mengatakan, selama pandemi ia tidak pernah memakai masker,” tandasnya.

Lebih jauh, Sry menjelaskan, rata – rata pengunjung yang datang adalah berasal dari luar daerah seperti Kabupaten Pinrang dan Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

” Ini hari dan kemarin cukup ramai tapi tetap saja, jika dibandingkan tahun lalu, lebaran tahun ini pendapatan menurun drastis akibat adanya Covid – 19. Momen lebaran tahun lalu biasa menghabiskan sekitar 3000 lembar karcis retribusi dalam sehari, hari ini hanya sekitar 1000 an saja ,” tutup Sry.

Sementara itu, salah satu pengunjung Datoq, Ica (45) warga Makassar menyampaikan, sudah menjadi tradisi ia dan keluarganya mengunjungi Pantai Datoq.

Ica mengaku, kunjungan tersebut bukanlah kunjungan pertama kalinya ke Pantai Datoq.

Terlihat, Ica dan beberapa anggota keluarganya mematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker.

” Meskipun tujuan kami happy dan liburan, tetapi kita tidak boleh abai dalam protokol kesehatan ini. Karena ini untuk kebaikan kita juga,” tukas Ica.

Ia menyampaikan, seharusnya petugas Pantai Datoq lebih tegas lagi kepada pengunjung untuk mematuhi protokol kesehatan, agar upaya dalam pencegahan penyebaran penularan Covid – 19 lebih maksimal.

Ica juga menyarankan, agar karang – karang yang ada lebih dirawat lagi, dan sebisa mungkin tidak membahayai pengunjung. (Putra)

Facebook Comments

Leave a Comment

Close
%d bloggers like this: